Breaking News:

PN Singkawang Cetuskan Inovasi Sayap Emas, Anewan Beri Apresiasi

Anewan mengatakan, dirinya sangat mendukung inovasi Sayap Emas yang dikembangkan oleh Pengadilan Negeri Singkawang ini.

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Anggota DPRD Kota Singkawang, Anewan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Anggota DPRD Kota Singkawang, Anewan menilai baik program Sayap Emas milik Pengadilan Negeri Singkawang. Menurutnya, suatu inovasi yang baik sangat diperlukan dalam melakukan pelayanan Publik di lembaga Negara.

"Inovasi ini tentunya dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam menerima akses pelayanan yang di butuhkannya. Layanan sayap emas ini merupakan suatu terobosan yang sangat baik yang dilakukan Pengadilan Negeri Singkawang dan sangat diperlukan masyarakat karena dapat mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat serta memangkas jalur birokrasi untuk akses pelayanan tersebut," ujar Anewan.

Selaku wakil rakyat, Anewan mengatakan, dirinya sangat mendukung inovasi Sayap Emas yang dikembangkan oleh Pengadilan Negeri Singkawang ini. Karena menurutnya, layanan jemput bola tersebut tentunya dapat menyentuh langsung kepada masyarakat.

Ia berharap, lembaga, Instansi Negara dan Pemerintah dapat melakukan Inovasi yang berorientasi pada kemudahan masyarkat dalam mengakses pelayanan publik sehingga reformasi birokrasi yang menjadi dambaan kita bersama dapat terwujud dengan baik.

Tingkatkan Pelayanan, Pengadilan Negeri Singkawang Gagas Inovasi Sayap Emas

Diberitakan sebelumnya, tingkatkan pelayana kepada masyarakat, Pengadilan Negeri (PN) Singkawang menggagas inovasi Sarana Layanan Pengadilan Menyentuh Masyarakat yang disingkat menjadi 'Sayap Emas'.

Ketua Pengadilan Negeri Singkawang, Hasanudin menjelaskan, inovasi Sayap Emas ini bertujuan memberikan pelayanan terkait perkara permohonan, seperti permohonan perubahan nama, pengangkatan wali, pengangkatan anak, dan lainnya.

Pada inovasi Sayap Emas ini, petugas Pengadilan Negeri Singkawang akan mendatangi masyarakat yang membutuhkan pelayanan terkait perkara permohonannya dengan menggunakan kendaraan operasional mobil berstiker 'Sayap Emas'.

"Pemohon cukup menelepon customer service (CS) kami, dan sampaikan keperluannya, nantinya CS kami akan menjelaskan persyaratan sesuai kebutuhannya, kemudian petugas dengan mobil Sayap Emas akan mendatangi pemohon. Perkara permohonan di Pengadilan Negeri Singkawang ini cukup banyak, per tahunnya bisa mencapai 300 perkara permohonan," ujar Hasanudin, Minggu 29 Agustus 2021.

Menurut Hasanudin, inovasi Sayap Emas ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Tak hanya jemput bola pelayanan perkara permohonan, Hasanudin juga menerangkan kendaraan operasional Sayap Emas juga dapat digunakan untuk penjemputan kepada pihak berperkara yang akan sidang.

"Inovasi Sayap Emas ini murni gagasan Pengadilan Negeri Singkawang dan merupakan yang pertama di Indonesia. Untuk sementara ini, kami telah melakukan sosialisasi kepada ketua-ketua RT di Kelurahan Pasiran. Dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Selain itu, layanan Sayap Emas ini juga akan rutin dilaksanakan di lokasi-lokasi berbeda di setiap kelurahan se-Kota Singkawang sesuai dengan jadewal yang telah ditentukan.

Ia berharap dengan adanya layanan Sayap Emas ini, maka masyarakat tidak perlu mendaftarkan permohonnya di pengadilan. (*)

(Simak berita terbaru dari Singkawang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved