Breaking News:

Berita Video

BKSDA Kalbar Selamatkan Dua Orangutan yang Masuk ke Pemukiman Warga di Sintang

Keduanya mulai terlihat di area hutan dekat ladang ladang sejak tanggal 20 Agustus 2021 yang berjarak kurang lebih 2 jam dari lokasi sekarang,

Editor: Jamadin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Dua orangutan masuk ke pemukiman warga di Desa Teluk Harapan, Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, sudah diselamatkan oleh petugas IAR, BKSDA Kalbar dan warga setempat, Selasa 24 Agustus 2021 sore kemarin.

Rencananya, kedua primata itu akan dibawa kembali ke Camp IAR di Mentatai.

Dua individu orangutan itu berada di pondok ladang milik Sarung, warga Dusun Dohos Seranjang, pada Senin 23 Agustus 2021.

"Sudah direscue. Dibawa ke Camp IAR Mentatai," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah II Sintang, Bharata Sibarani kepada Tribun Pontianak, Rabu 25 Agustus 2021.

Orangutan Masuk Pemukiman Warga di Serawai, Sintang Sudah Diselamatkan Petugas

Menurut Bharata, tim sampai di Desa Teluk Harapan, Kecamatan Serawai, pukul 13.45 wib langsung menuju lokasi yang berjarak 30 menit dari kampung, di pondok ladang pak sarung. "Ketika sampai di sana, sudah menemukan Muria dan Obi (dua individu orangutan) di dalam pondok," katanya.

Muria bisa dengan mudah ditangkap dan dimasukan kedalam kandang. Akan tetapi Obi marah dengan staf dan sulit dihandle, setelah ditenangkan sekitar jam 15.00 Obi berhasil dimasukan kedalam kandang.

"Keduanya mulai terlihat di area hutan dekat ladang ladang sejak tanggal 20 Agustus 2021 yang berjarak kurang lebih 2 jam dari lokasi sekarang," ungkap Bharata.

Bharata memastikan, kedua orangutan yang masuk ke pemukiman warga dalam kondisi baik.

"Makan dan minum dengan baik, tidak ada terlihat bekas luka. Obi kelopak mata kiri sedikit bengkak, seperti digigit serangga, pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan saat tiba di kandang habituasi. Rencananya Muria dan Obi akan di dalam kandang habituasi untuk sementara waktu supaya tidak kembali ke dusun," jelasnya. (*)

[Update Berita Video Tribunpontianak]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved