Breaking News:

Sejumlah Dosen FKIP Untan Gelar Penyuluhan Penelitian Tindakan Kelas di SDN 32 Pontianak Utara

Tim terdiri dari tiga orang dosen dengan ketua PKM yaitu Dr. Aminuyati, M.Si dan dengan anggota Dr. FY. Khosmas, M.Si dan Hadi Wiyono, M.Pd. Kegiatan

Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Penyuluhan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas oleh dosen Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial FKIP Untan. 

Citizen Reporter

Hadi Wiyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dosen Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat melakukan penyuluhan tentang Implementasi Penelitian Tindakan Kelas bagi guru-guru di SD Negeri 32 Pontianak Utara.

Tim terdiri dari tiga orang dosen dengan ketua PKM yaitu Dr. Aminuyati, M.Si dan dengan anggota Dr. FY. Khosmas, M.Si dan Hadi Wiyono, M.Pd. Kegiatan PKM ini merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Kegiatan PKM tersebut diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru dalam membuat Penelitian Tindakan kelas yang juga sebagai salah satu syarat dalam mengajukan kenaikan pangkat guru.

Pandangan Tenaga Pendidik Mengenai Kampus Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19

Aminuyati selaku ketua PKM menjelaskan bahwa tujuan PKM adalah memberikan penyuluhan tentang bagaimana membuat Penelitian Tindakan Kelas yang tidak hanya sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran juga sebagai salah satu syarat dalam pengajuan kenaikan pangkat guru. Jadi sangat berguna jika guru dapat melakukan Penelitian tersebut.

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan pada Jumat, 25 Juni 2021 di SD Negeri 32 Pontianak Utara dengan memperhatikan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Kepala SDN 32 Pontianak Utara Yuliana, S.Pd. membuka langsung kegiatan tersebut. Dirinya menyambut baik kegiatan PKM yang dilakukan oleh Dosen dari Untan.

Ia menjelaskan bahwa penyuluhan tersebut semoga membantu guru-guru yang ingin mengajukan kenaikan pangkat karena memang benar bahwa syaratnya harus membuat penelitian Tindakan kelas.

"Kami berharap adanya pembimbingan dari para dosen kepada guru-guru dapat memberikan motivasi untuk membuat penelitian tersebut," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved