Momentum HUT RI, Sekda Sintang Ajak Masyarakat Bangkit untuk Disiplin Prokes Lawan Covid-19

Pada upacara yang diselenggarakan dengan sederhana tersebut, Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak, bertindak sebagai Inspektur upacara pengibara

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pada upacara yang diselenggarakan dengan sederhana tersebut, Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak, bertindak sebagai Inspektur upacara pengibaran Merah Putih. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 76 Tahun 2021 di Halaman Kantor Bupati Sintang, Selasa pagi 17 Agustus 2021.

Pada upacara yang diselenggarakan dengan sederhana tersebut, Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak, bertindak sebagai Inspektur upacara pengibaran bendera Merah Putih.

Turut hadir sebagai peserta upacara Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny yang membacaka Teks Proklamasi, Anggota Forkopimda, Pejabat Utama Polres Sintang, Dandim 1205 Sintang Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan dan Pejabat Utama Kodim 1205 Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, tokoh masyarakat, dan tokoh adat.

Forum Anak Kabupaten Sintang Serahkan Suara dan Harapan ke Pemerintah, Berikut Permintaanya

Sementara dibarisan pasukan tampak mengikuti upacara adalah pasukan Denpom XII/1 Sintang, Korem 121 Alambhana Wanawwai, Kodim 1205 Sintang, Polres Sintang, Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri), dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Upacara yang mulai dilaksanakan pukul 08.00 WIB belangsung aman, khidmat dan lancar.

Usai upacara, Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak menyampaikan bahwa upacara Pengibaran Sang Merah Putih di Kabupaten Sintang berjalan lancar dan aman.

"Saya selaku inspektur upacara, ingin menyampaikan bahwa upacara berjalan tertib dengan nilai-nilai kemerdekaan dan kepada generasi penerus bangsa untuk selalu menjaga keutuhan NKRI. Saat ini kita masih mengalami pandemi covid-19, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sintang untuk selalu menjalankan protokol kesehatan sehingga kita semua bisa sehat, menjaga keselamatan diri dan bangsa kita dari pandemi covid-19," pesan Ventie Bernard Musak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, menyampaikan bahwa HUT RI ke 76 merupakan momentum untuk membangun semangat kebersamaan dalam memerangi covid-19.

"Kita saat ini bukannya melawan penjajah, namun kita bangkit secara bersama-sama untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan melawan covid-19, sehingga kita segera terbebas dari covid-19 dan menyongsong hari depan yang lebih baik. Kita harus mengejar ketertinggalan di segala bidang," ujar Yosepha Hasnah.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus J menyampaikan bahwa pada Peringatan HUT RI yang ke 76 ini mengajak semua pigak untuk terus selalu disiplin diri dan mengubah pola gaya hidup dengan kebiasaan-kebiasaan baru, salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Tentu kita berharap dengan kondisi pandemi ini tidak menyurutkan semangat kita untuk melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas. Oleh karena Itu kepada seluruh generasi muda kita mari terus berkaraya berkreatifitas dan berinovasi dalam tatanan kebiasaan baru ini sehingga kita semakin maju kedepannya. Kita harus optimis dibalik ini semua tentu ada rencana Tuhan yang luar biasa untuk kita semua," pesan Yustinus.

Pada pelaksanaan upacara kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 dilaksanakan secara sederhana, karena masih dalam masa pandemi ini, peserta upacara di batasi, hanya beberapa perwakilan yang terlibat dan para peserta serta tamu undangan juga di wajibkan menggunkan masker.

Sukses dan lancar upacara pengibaran bendera merah putih di Kabupaten Sintang tersebut berkat kesiapan para petugas upacara seperti bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Kepolisian Resort Sintang AKBP Ventie Bernard Musak. Perwira Upacara AKP Yafet Efraim Patabang, yang menjabat Kabag Ops Polres Sintang,

Komandan Upacara IPTU Amansyurdin Z yang menjabat Sebagai Kasat Narkoba Polres Sintang. Sementara Komandan Paskibraka Miqho Ozora Marsango yang merupakan siswa SMA Panca Setya Sintang Kelas XI MIPA III, Pembawa Acara Bripka Lili Aryani, S.AP, dan Tim Korsik dari Satuan Korsik Ajenrem 121 Alambhana Wanawwai.

Cari Solusi Penolakan PT The Grand LJ Fullerton Succesful, Ini Upaya Pemkab Sintang

Paskibraka Tahun 2021 Ini merupakan putra putri pilihan dari SMA Negeri, Swasta dan Madrasah Aliyah di Kabupaten Sintang dibawah binaan Dinas Pemuda, Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Sintang.

Adapun petugas Paskibraka upacara penaikan bendera adalah Muhammad Farhan Fadilah siswa SMK Muhammadyah Sintang, Irfan Aryanto siswa SMK Negeri 1 Sepauk, dan Marco Wijaya siswa SMK Budi Luhur Sintang.

Sedangkan Petugas Pembawa Bendera Adalah Chintya Salsabila Putri Siswi Kelas 12 MIPA 3 SMA Negeri 1 Sintang. Paskibraka Tahun 2021 Kabupaten Sintang dibawah bimbingan para pelatih Purn. Peltu Sugiyono, dan AIPDA Yundeka yang sehari-hari sebagai Kasubnit Dalmas Polres Sintang. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved