Breaking News:

Tim Peduli Kemanusiaan Kalbar, Kelompok Relawan Siap Pergi dan Siap Tak Kembali

‘’karena proses pemadaman ini setiap tahun ya jadi kita tidak akan lupa, dan prosesnya itu kalau sudah terjadi bisa berhari – hari,’’ujarnya

Penulis: Ferryanto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Tim Peduli Kemanusiaan Kalbar saat berada di beberapa lokasi bencana di Indonesia dan Kalimantan Barat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Memiliki persamaan visi dan misi yakni rasa solidaritas kemanusiaan yang tinggi, 5 tahun lalu di Kalimantan Barat terbentuklah Tim Peduli Kemanusian kalimantan Barat.

Beranggotakan 15 orang dari berbagai latar belakang profesi, Tim Peduli Kemanusian Kalimantan Barat sudah bergerak ke membantu masyarakat yang menjadi korban berbagai bencana alam, bukan hanya di kalimantan Barat, namun tim relawan ini sudah bergerak ke berbagai daerah di Indonesia bahkan berbagai Negara di Dunia yang mengalami bencana alam maupun kemanusian.

Walau hanya berjumlah 15 orang, namun para relawan kemanusiaan ini merupakan tim yang solid dan memiliki berbagai keahlian mumpuni di berbagai bidang yang sangat berguna untuk membantu masyarakat yang sedang kesulitan karena menjadi korban bencana alam.

Joemislan atau yang biasa sapa Abu Syafar (42) atau Bang Joe, anggota Tim Relawan Peduli Kemanusian Kalimantan Barat menyampaikan, di dalam tim, terdapat 2 dokter sebagai anggota yang bertugas dalam kesehatan, 1 orang memiliki keahlian menyetir diberbagai medan sulit yang juga merupakan anggota IOF (Indonesia Offroad federration) satu orang yang merupakan khusus bidang kerohanian, satu orang memiliki keahlian khusus packing, dua orang memiliki keahlian sebagai dalam bidang material bangunan, dau orang merupakan koki, dan satu orang memiliki keahlian sebagai dokumentasi.

Dukung PPKM, Komunitas Mitra Gojek Bagikan Perlengkapan Prokes pada Ribuan Driver

‘’anggota kita memang dari berbagai latar belakang profesi, dan Peduli Kemanusiaan ini terbentuk karena hanya murni karena rasa kemanusiaan, solidaritas, dan kepuasan batin saat kita bisa membantu orang lain, yang khususnya sedang mengalami kesulitan di uji dengan bencana,’’tuturnya.

Selain setiap anggota memiliki keahlian khusus, Joemislan pun menyampaikan bahwa seluruh anggota Tim juga sudah mengikuti berbagai pelatihan khusus SAR (Search And Resque) sebagai modal dasar menjadi relawan khusus bidang bencana alam dan kemanusiaan.

Bagi kalian yang ingin menjadi anggota relawan, kalian dapat menghubungi Call Center di nomor 089694012088 atas nama Hendrik, yang merupakan Admin khusus dari Tim Peduli Kemanusiaan, ataupun kalian dapat datang langsung ke Basecamp dari Tim Relawan Kemanusiaan Kalbar yang berada di Pondok Pesantren Al Madinah, jalan Danau Sentarum, Kota Pontianak.

Tidak ada syarat khusus bagi kalian yang ingin menjadi satu diantara Tim Peduli Kemanusian ini, namun kalian harus menyiapkan mental dan fisik yang kuat, karena hal yang akan kalian temui dilapangan merupakan kejadian – kejadian luar biasa, yang menguras tenaga dan menekan mental.

“yang harus disiapkan mental dan Agamanya harus siap, karena kita tidak tau berangkat ini pulang atau tidak, dalam relawan ini, kita turun membantu masyarakat yang sedang kesusahan karena berbagai bencana alam, dan lokasi yang dituju juga pastinya sangat sulit aksesnya, jadi kita siap berangkat siap tidak pulang atau tidak kembali, karena terkadang ada berbagai ujian ya di jalan, dari kecelakaan, bencana alam juga yang kita hadapi, jadi kita harus siap itu,’’tutur Bang Joe.

Selebihnya, dari fisik dan keahlian akan di latih secara bertahap seiring berjalannya waktu ketika menjadi anggota tim.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved