Breaking News:

Ahli Kedokteran Forensik Unpad Sebut Belum Ada Bukti Kuat Penularan Covid-19 dari Jenazah

Sejumlah penelitian dasar di antaranya menjelaskan bahwa virus corona bisa bertahan dalam sel tubuh orang mati selama 4 jam dan bertahan 3-4 hari pada

Editor: Maudy Asri Gita Utami
Kolase TribunNewsmaker - Freepik dan Instagram
Sehingga bila jenazah sudah dilakukan pemulasaraan sesuai dengan protokol Covid-19, maka sebetulnya jenazah bisa dimakamkan di pemakaman umum yang sudah memenuhi syarat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Belum ada penelitian kuat bagaiamana penjelasan tentang jenazah covid-19 bisa menularkan virus corona. 

Hingga saat ini, berbagai pertanyaan bagaiamana bukti kuat SARS-CoV-2 bisa menular dari orang mati ke orang hidup juga belum terjawab. 

Hal tersebut diungkapkan ahli kedokteran forensik Universitas Padjadjaran (Unpad) Yoni Fuadah Syukriani.

"Beberapa referensi studi sudah ada. Hanya saja, belum ada yang mampu menyimpulkan bahwa Covid-19 bisa menular dari jenazah," katanya seperti dikutip dari laman resmi Universitas Padjadjaran (Unpad).

Sejumlah penelitian dasar di antaranya menjelaskan bahwa virus corona bisa bertahan dalam sel tubuh orang mati selama 4 jam dan bertahan 3-4 hari pada cairan tubuh.

[Update Informasi Lainnya Disini]

Kasus Meninggal Dunia Akibat Covid-19 di Pontianak, Pemkot Wacanakan Pengadaan Tanah Wakaf

Studi terbaru juga menemukan bahwa jenazah yang sudah 35 hari dimasukkan ke kulkas jenazah, ketika dilakukan pemeriksaan swab hasilnya masih positif.

Bakan penelitian di Italia, jenazah yang sudah dibalsem setelah 30 hari, RNA virusnya masih dapat dilakukan PCR.

Namun menurut Yoni, penelitian tersebut baru dilakukan dalam waktu yang sangat singkat sehingga belum dapat mengungkap banyak hal.

“So far, baru satu tahun setengah penelitian yang sudah dilakukan. Dalam ilmu kedokteran, itu adalah waktu yang sangat singkat dan belum dapat mengungkap banyak hal,” kata Yoni.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved