Breaking News:

BWI Sintang Akan Manfaatkan Tanah Wakaf Agar Produktif dan Bernilai Ekonomi

Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Sintang, Anuar Ahmad menyebut sertifikasi tanah wakaf masih menjadi persoalan, bahkan bermasalah secara ad

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Sintang, Anuar Ahmad 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Sintang, Anuar Ahmad menyebut sertifikasi tanah wakaf masih menjadi persoalan, bahkan bermasalah secara adminitrasi.

Bahkan, dari 317 tanah wakaf di Sintang, baru 186 tanah yang sudah bersertifikat.

"Di Sintang persoalan sertifikasi wakaf masih bermasalah secara administrasi, dari 317 tanah wakaf di Sintang, baru 186 yang bersertifikat," kata Anuar, Senin 26 Juli 2021.

Anuar menilai keberadaan tanah wakaf dipandang perlu untuk didorong agar menjadi lebih produktif. Menurutnya, jika tempatnya strategis maka dapat digunakan peruntukkannya bukan hanya untuk masjid tetapi juga dapat menjadi nilai ekonomi yang berguna untuk umat.

Pesan Pemkab Sintang untuk Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak, Yustinus: Kedepankan Etika dan Fokus

"Dengan semakin majunya perkembangan zaman maka dipandang perlu penertiban administrasi wakaf, dengan sinergitas yang baik antar instansi, seperti Kementerian Agama, Dewan Masjid Indonesia dan Ormas-ormas Islam terutama di Kabupaten Sintang," kata Anuar.

Pengurus Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Kalimantan Barat, Kaharudin menyebut kepengurusan BWI di daerah bisa membantu perbaikan data wakaf di lapangan. Karena selama ini persoalan data tanah wakaf masih belum maksimal dan belum akurat, hal inilah yang menjadi kendala dan dirasa penting dengan adanya BWI di daerah

Menurut Kaharudin saat ini banyak wakaf yang belum terdaftar di BWI Provinsi Kalimantan Barat.

“berbagai kendala harus kita atasi, salah satunya dengan membina para nadzir yang menerima amanah untuk mengelola tanah wakaf, untuk mengamankan peruntukkannya," ujarnya. 

(Update Informasi Seputar Kabupaten Sintang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved