Breaking News:

Buka MTQ ke-XXIX, Wabup Sintang Harap Peserta Dapat Membumikan Al-Qur'an

Sudiyanto, melihat tema yang diangkat pada pelaksanaan MTQ tahun ini, yakni pengembangan dakwah yang bersumber dari nlai- nilai Al-qur'an di masa pand

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-XXIX Kabupaten Sintang tahun 2021, yang mengusung tema Pengembangan Dakwah yang Bersumber dari Nilai-Nilai Al Qur'an di Masa Pandemi Untuk Sintang yang Sehat dan Religius. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-XXIX Kabupaten Sintang tahun 2021, yang mengusung tema Pengembangan Dakwah yang Bersumber dari Nilai-Nilai Al Qur'an di Masa Pandemi Untuk Sintang yang Sehat dan Religius.

Turut hadir pada pembukaan MTQ ini para camat dan para perwakilan khafillah dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih serta memberikan dukungan sepenuhnya atas terselenggaranya MTQ tingkat Kabupaten Sintang yang ke-XXIX tahun 2021.

“Kepada semua peserta MTQ dari seluruh kecamatan, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang mengucapkan selamat mengikuti MTQ ini, dan semoga keikutsertaan saudara-saudara memberi manfaat untuk bangsa dan negara,” harap Sudiyanto, Sabtu 24 Juli 2021.

Sudiyanto, melihat tema yang diangkat pada pelaksanaan MTQ tahun ini, yakni pengembangan dakwah yang bersumber dari nlai- nilai Al-qur'an di masa pandemi untuk Sintang yang sehat dan religius.

Menurutnya, makna dari tema tersebut merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al Qu’ran serta mengembangkan dakwah islam yang bersumber dari nilai-nilai Al-Qur'an dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

Terlebih bagi kaum muslimin, Al Qur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif.

Patroli Skala Besar Sekaligus Bagikan Sembako untuk Pedagang Kaki Lima di Sintang

“Al-qur’an mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan serta kemuliaan akhlak yang bersumber dari alquran, menebarkan kasih sayang, dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama,”kata Sudiyanto.

Pada pelaksanaan MTQ ini akan tampil peserta terbaik dari seluruh kecamatan, generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, yang kompetitif, dan yang berkarakter islami.

Dengan demikian, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca alquran tapi sebagai jalan untuk mengedukasi umat agar semakin mencintai dan membumikan alquran, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka serta juga yang sangat penting, sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah.

"Saya yakin, dengan pemahaman keislaman yang semakin baik, bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah tapi juga akan memperkokoh semangat kebangsaan, semangat persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama harus menjadi semangat kita bangsa indonesia di masa pandemi seperti sekarang ini, kita harus ikhlas saling membantu tanpa harus melihat perbedaan suku, agama, maupun kelompok, berbagi untuk meringankan beban saudara-saudaranya yang sedang menghadapi kesulitan," pesan Sudiyanto. (*)

(Simak berita terbaru dari Sintang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved