Breaking News:

Wabup Sanggau Harap Partisipasi Masyarakat Dalam Menggunakan Hak Pilihnya Meningkat

Usai membuka kegiatan, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka penyuluhan tentang pengembangan partisipasi pol

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot saat membuka kegiatan penyuluhan tentang pengembangan partisipasi politik masyarakat di Kabupaten Sanggau. Kegiatan dilaksanakan di Desa Kawat, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Jumat 23 Juli 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot membuka kegiatan penyuluhan tentang pengembangan partisipasi politik masyarakat di Kabupaten Sanggau. Kegiatan dilaksanakan di Desa Kawat, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Jumat 23 Juli 2021. Kegiatan diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sanggau.

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius, Camat Tayan Hilir Lovianus Anus, Forkompimcam, perwakilan dari KPU dan Bawaslu selaku narasumber, Kades Kawat Albohri dan peserta penyuluhan dari masyarakat Desa Kawat.

Usai membuka kegiatan, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka penyuluhan tentang pengembangan partisipasi politik masyarakat di Kabupaten Sanggau, tepatnya di Desa Kawat, Kecamatan Tayan Hilir.

“Berharap pemahaman masyarakat tentang partisipasi politik terutama di Desa Kawat ini lebih baik lagi. Terhadap bagaimana mereka lebih memahami untuk memberikan hak pilihnya, baik dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan gubernur dan wakil gubenur, serta pemilihan bupati dan wakil bupati. Karena di Desa Kawat ini masih menunjukkan angka pada 72 persen tingkat partisipasi dalam menggunakan hak pilih,”katanya.

Total Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Sanggau Capai 2.834 Kasus

Mudah-mudahan, lanjut Wabup, dengan adanya penyuluhan ini lebih membuka wawasan masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi di Masa-masa yang akan datang.

“Sehingga kita berharap persentase dari kesadaran partisipasi politik masyarakat khususnya di Desa Kawat Kecamatan Tayan Hilir ini lebih baik lagi,"ujarnya.

"Kalau sudah mencapai angka 80 persen ke atas itukan lebih baik. Artinya masyarakat ini sudah sadar bahwa dia memang memiliki hak pilih. Dia memilih seorang pemimpin ini dengan kesadaran yang tinggi,”tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan politik masyarakat di Desa Kawat Kecamatan Tayan Hilir ini adalah yang ketiga kalinya kita laksanakan.

“Dan memang rencana nanti akan kita laksanakan di tujuh desa. Nah, tujuh desa itu pada umumnya adalah di Desa-desa fokus. dan harapan kita melalui kegiatan ini tentu kita membangun kesadaran masyarakat kita untuk berpartisipasi untuk memberikan hak pilihnya ketika nanti kita masuk dalam masa pemilihan umum. Baik itu pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan gubernur dan wakil gubenur, serta pemilihan bupati dan wakil bupati,”jelasnya.

Lanjutnya, Angka keikutsertaan masyarakat kita dalam menggunakan hak pilihnya boleh dikatakan masih rendah.
Kita berharap kalau bisa lebih maksimal, Apalagi mencapai 100 persen itu yang kita harapkan.

"Oleh karena itu ini menjadi tugas pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat kita untuk menginformasikan kepada masyarakat kita, Sehingga masyarakat menjadi tergugah kesadarannya untuk berpartisipasi dalam pemilu,”ujarnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Sanggau)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved