Breaking News:

Menurut Pengamat Politik, PKPI Harus Berbenah Jika Tidak Ingin Jalan Ditempat

Termasuklah memaksimalkan gaji atau dana aspirasi yang bisa disalurkan ke masyarakat secara tepat. Menurut saya juga perlu adanya konsistensi.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Pengamat Politik Untan, Dr. Yulius Yohanes 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Politik Untan, Dr. Yulius Yohanes, M.Si menilai PKPI harus berbenah jika ingin menjadi partai yang berkembang dan tidak jalan ditempat.

Hal ini menyusul optimisme dari Ketua Dewan Pimpinan Provinsi PKPI Kalbar, Mustaat Saman atas terpilihnya Mayjen TNI Marinir (purn) Yussuf Solichien menjadi Ketum PKPI yang baru menggantikan Diaz Hendropriyono yang mengundurkan diri.

Berikut penuturan Yulius.

PKPI memang sebuah partai yang dibangun untuk dapat menyuarakan aspirasi masyarakat.

Ketum Baru, PKPI Kalbar Tatap Pemilu Dengan Rasa Optimisme

Namun saya melihat, PKPI tidak mempunyai potensi yang cukup bagus untuk dijual ke publik atau masyarakat sehingga nilai jualnya turun, apalagi ditambah persoalan yang menyangkut ideologi partai oleh pengurus sehingga jalan ditempat.

Mereka tidak optimal melakukan gerakan untuk menyentuh kepentingan publik dan masyarakat.

Dari sisi anggaran juga mungkin memang terbatas karena partai yang tidak besar, namun mesti ada upaya yang dilakukan agar partai bisa merangkak dan berkembang.

Saya pikir PKPI memang harus menyusun strategi baru. Artinya ketika pemimpinan baru sebagai harapan dari partai, maka harus dibuat sebuah komitmen bersama membangun kebersamaan bagaimana mengutamakan perjuangan untuk kepentingan masyarakat namun tentu dibalik itu adalah kemenangan dari partai.

Mereka juga harus menyusun strategi dan langkah konkrit kedepan baik jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang sehingga diharapkan akan berpengaruh pada perolehan PKPI.

Kita juga tentu berharap agar bagaimana partai ini berjuang untuk menyuarakan kepentingan masyarakat. Ketika masyarakat ada masalah sosial seperti pandemi covid ini, mestinya bisa diperjuangkan oleh partai.

Sebagai bagian dari pemerintah, partai melalui wakilnya di DPR bisa mengontrol kebijakan pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat sehingga tentu akan mendapat nilai positif.

Termasuklah memaksimalkan gaji atau dana aspirasi yang bisa disalurkan ke masyarakat secara tepat. Menurut saya juga perlu adanya konsistensi.

PKPI juga harus berani keluar dari zona nyaman selama ini, dia harus berjuang, maka masyarakat akan menilai, jika tidak maka PKPI akan tetap jalan ditempat. (*)

(Simak berita terbaru dari Kalbar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved