Breaking News:

Ratusan Hektar Sawah Petani di Desa Sedahan Jaya Gagal Panen, Akibat Banjir Beberapa Hari Lalu

Wilayah persawahan ratusan hektar petani di Dusun Sidorejo terendam banjir, bibit padi yang telah ditanam oleh petani sekitar terancam mengalami gagal

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wilayah persawahan para petani di Dusun Sidorejo, Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat terlihat rusak akibat banjir yang merendam areal tersebut beberapa hari yang lalu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Musibah banjir beberapa hari yang lalu merendah sawah petani, satu diantaranya di Dusun Sidorejo, Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa 20 Juli 2021.

Wilayah persawahan ratusan hektar petani di Dusun Sidorejo terendam banjir, bibit padi yang telah ditanam oleh petani sekitar terancam mengalami gagal panen.

Satu diantara Kelompok Tani di Dusun Sidorejo, Jupri menyampaikan, padi yang telah ditanam beberapa bulan lalu, akibat banjir yang terjadi merendam persawahan maka para petani pada musim ini mengalami gagal panen.

Daftar Stok dan Harga Bahan Pokok di Kabupaten Kayong Utara

"Jangankan yang belum dipanen, yang sudah dipanen juga ikut terendam. Disini, padi yang tumbuh kalau dihitung sekitar 500 karung lebih," terang Jupri.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan terdapat empat RT dengan jumlah 155 KK di Dusun Sidorejo yang memiliki persawahan terendam banjir dan musim ini gagal panen.

"Ada empat RT berjumlah 155 KK, semuanya gagal panen. Luasan sawah untuk di Dusun Sidorejo, sekitar 150 Hektar lebih terendam banjir hingga saat ini (senin)," ungkapnya.

Jupri mengatakan, bahwa imbas musibah banjir di daerah ini diperkirakan sekitar jutaan hingga ratusan juta rupiah, para petani mengalami kerugikan.

"Hitungan standar sehari kami Rp. 100.000, Kemudian disebulan Rp. 3.000.000. Luasan sawah hingga Hektar-an. Jadi, bisa miliaran kerugian karena gagal panen," pungkasnya. (*)

(Update Informasi Seputar Kabupaten Kayong Utara)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved