Breaking News:

Lantamal XII TNI AL Pontianak Terjunkan Pesawat Lakukan Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Kalbar

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak dan memperluas sektor pencarian melalui udara, dengan menggunakan pesawat CN 235 dan Cassa

Penulis: Stefanus Akim | Editor: Stefanus Akim
IST/Dispen Lantamal XII Koarmada I
PENCARIAN - Anggota TNI AL dari Lantamal XII Pontianak melakukan pencarian korban kapal tenggelam di Kalbar, Senin 19 Juli 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Memasuki hari ketujuh pencarian korban tenggelamnya 18 kapal nelayan perairan di Kalbar terus dilakukan. Pencarian oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak dan memperluas sektor pencarian melalui udara, dengan menggunakan pesawat CN 235 dan Cassa dari TNI Angkatan Laut, Selasa, 20 Juli 2021.

PESAWAT - Petugas memperispkan pesawat untuk pencarian korban kapal tenggelam. Lantamal XII Pontianak memperluas sektor pencarian korban kapal tenggelam di Kalbar melalui udara, dengan menggunakan pesawat CN 235 dan Cassa dari TNI Angkatan Laut, Senin 19 Juli 2021.
PESAWAT - Petugas memperispkan pesawat untuk pencarian korban kapal tenggelam. Lantamal XII Pontianak memperluas sektor pencarian korban kapal tenggelam di Kalbar melalui udara, dengan menggunakan pesawat CN 235 dan Cassa dari TNI Angkatan Laut, Senin 19 Juli 2021. (IST/Dispen Lantamal XII Koarmada I)

Dalam rilis yang diterima redaksi, Wadan Lantamal XII Pontianak, Kolonel Laut (P) Suhendro, mengatakan operasi kali ini merupakan operasi lanjutan dan memperluas radius pencarian melalui udara dengan jarak tempuh kurang lebih 3.300 NM yang terbagi menjadi enam lajur menuju arah utara, selatan, dan barat, dengan jarak masing-masing lajur 10 NM.

PESAWAT - Anggota TNI AL dari Lantamal XII Pontianak mempersiapkan pesawat untuk melakukan pencarian korban kapal tenggelam. Lantamal XII Pontianak memperluas sektor pencarian korban kapal tenggelam di Kalbar melalui udara, dengan menggunakan pesawat CN 235 dan Cassa dari TNI Angkatan Laut, Senin 19 Juli 2021.
PESAWAT - Anggota TNI AL dari Lantamal XII Pontianak mempersiapkan pesawat untuk melakukan pencarian korban kapal tenggelam. Lantamal XII Pontianak memperluas sektor pencarian korban kapal tenggelam di Kalbar melalui udara, dengan menggunakan pesawat CN 235 dan Cassa dari TNI Angkatan Laut, Senin 19 Juli 2021. (IST/Dispen Lantamal XII Koarmada I)

Kolonel Laut (P) Suhendro menyebutkan, operasi pencarian korban kapal tenggelam oleh pihak TNI AL merupakan respon yang cepat dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono SE MM, yang memerintahkan Pangkoarmada I. Kemudian Pangkoarmada 1 langsung memerintahkan Danlantamal XII Brigjen TNI Andi Rukman, untuk respon dan didukung dengan menambah dua Patmar TNI AL, yaitu pesawat CN 235/P8305 Cassa P8203, dua KRI yaitu KRI Kerambit dan KRI Clurit. Selanjutnya dua Kal, yaitu Kal Sambas dan Kal Lemukutan, serta dua Sea Raider dan beberapa Patkamla yang berada di pos-pos TNI AL yang tergabung bersama tim SAR Gabungan dari berbagi instansi yang ikut terlibat dalam proses pencarian korban di perairan Kalbar.

PESAWAT - Lantamal XII Pontianak memperluas sektor pencarian korban kapal tenggelam di Kalbar melalui udara, dengan menggunakan pesawat CN 235 dan Cassa dari TNI Angkatan Laut, Senin 19 Juli 2021.
PESAWAT - Lantamal XII Pontianak memperluas sektor pencarian korban kapal tenggelam di Kalbar melalui udara, dengan menggunakan pesawat CN 235 dan Cassa dari TNI Angkatan Laut, Senin 19 Juli 2021. (IST/Dispen Lantamal XII Koarmada I)

Pada konferensi pers kemarin sore, Senin, 19 Juli 2021 di kantor KSOP Pontianak yang dihadiri oleh Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, Kakansar Pontianak Yopi dan Dirpolairud Polda Kalbar, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman menyampaikan telah ditemukan dua jenazah di perairan pemangkat, 1jenazah ditemukan oleh KRI Kerambit dan satu jenazah lagi temukan oleh RIB Basarnas dan telah dilaksanakan evakuasi. *

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved