Breaking News:

Berita Video

Pemkot Pontianak Tak Gelar Salat Idul Adha di Taman Alun Kapuas, Penjelasan Edi Kamtono

Akan tetapi jika ada keterpaksaan, maka yang menyelenggarakan harus menggunakan protokol kesehatan secara ketat

Editor: Jamadin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak mengikuti Surat Edaran Menteri Agama nomor 15 tahun 2021 tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan shalat Idul Adha dan pelaksanaan Qurban tahun 1442 Hijriah atau tahun 2021 dan Surat Edaran Gubernur Kalimantan Barat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.

Sebagaimana dalam Surat Edaran tersebut menerangkan, bahwa untuk pelaksanaan salat idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi ini ditiadakan dan termasuk takbir keliling.

"Idul Adha sudah ada Surat Edaran Kementerian Agama untuk zona merah dan oranye. Kita mengikuti instruksi sesuai dengan Surat Edaran Gubernur dan Intruksi Menteri Agama," ujarnya, Minggu 18 Juli 2021.

Edi Rusdi Kamyono mengimbau agar umat Islam di Kota Pontianak melaksanakan shalat Idul Adha dirumah saja, lantaran saat ini Kota Pontianak masih zona merah atau ketertularan covid-19 masih tinggi.

Ikuti Surat Edaran Menteri Agama, Masjid Raya Mujahidin Pontianak Tiadakan Salat Idul Adha 1442 H

Akan tetapi jika ada keterpaksaan, maka yang menyelenggarakan harus menggunakan protokol kesehatan secara ketat, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dan tidak membubarkan.

Namun pihaknya juga akan melakukan monitoring di lapangan nantinya. 

"Kita menganjurkan ditiadakan ditengah zona merah ini. Tetapi di lapangan kita nanti akan monitor," kata Edi Rusdi Kamtono.

Edi menerangkan bahwa, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak pun tidak menggelar shalat berjamaah di lapangan untuk tahun ini. "PHBI tidak melaksanakan," ungkapnya.

Selain itu, untuk pelaksanaan pemotongan hewan qurban, masih diperbolehkan, namun dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan kuota daging qurban agar dibagikan ke masing-masing rumah untuk mengindari Kerumunan. 

[Update Berita Video Tribunpontianak]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved