Breaking News:

Masyarakat Adat Jawant Desa Mondi Kabupaten Sekadau Terima Vaksin Covid-19

Bupati Aron menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada warga Masyarakat Adat Jawant Desa Mondi yang begitu antusias untuk mendapatkan vaksi

Penulis: Marpina Sindika Wulandari | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Vaksinasi di Desa Mondi, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Kalbar. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Sekadau bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi 200 orang warga Masyarakat Adat Jawant di Desa Mondi, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Minggu 18 Juli 2021.

Dihadiri langsung oleh Bupati Sekadau, Aron beserta sejumlah kepala OPD dan anggota DPRD. Kegiatan vaksinasi massal tersebut merupakan bentuk nyata upaya Pemerintah Kabupaten Sekadau dan organisasi masyarakat atau LSM dalam melindungi masyarakat dari penularan Corona Virus Disease 2019 atau yang disebut COVID-19.

Bupati Aron menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada warga Masyarakat Adat Jawant Desa Mondi yang begitu antusias untuk mendapatkan vaksinasi.

Pemuda Katolik Sekadau Berikan Bantuan Untuk Pemimpin Umat Sungai Kase, Korban Kebakaran

“Ini adalah bentuk upaya dan perhatian Pemerintah bersama PD AMAN Sekadau dalam melindungi Masyarakat Adat dari dampak buruk akibat COVID-19, jangan takut divaksin, karena vaksin tidak sakit dan justru dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga efektif dalam melawan virus yang membahayakan ini” tegas Aron.

Kepada warga yang belum kebagian vaksin. Bupati berharap agar bersabar karena kuota vaksin untuk Kabupaten Sekadau disalurkan secara bertahap.

Aron juga berpesan agar Pemerintah Desa meningkatkan aktifitas operasional Posko PPKM Mikro di desa agar seluruh lapisan masyarakat tetap mematuhi protokol Kesehatan, 5M yaitu rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, selalu menggunakan masker, menjaga jarak,  menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

Peduli Sosial, Polres Sekadau Salurkan Bansos Kepada PKL

"Jika tidak perlu benar, sebaiknya tidak usah ke kota atau ke tempat ramai, lebih baik bekerja di kebun, di ladang, istirahat di pondok, itu mungkin lebih tenteram dan sehat," tandas Bupati.

Kegiatan itupun disambut baik oleh masyarakat yang disampaikan melalui  Ketua Masyarakat Adat Jawant, Lukas Hito sekaligus Kepala Desa Mondi.

“Atas nama Masyarakat Adat Jawant, khususnya yang ada di Desa Mondi, saya sampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau dan khususnya kepada PD AMAN Sekadau atas kegiatan vaksinasi terhadap warga Masyarakat Adat Jawant di Desa Mondi," ujarnya.

Lukas menuturkan, meskipun jumlah vaksin yang diberikan belum dapat memenuhi kebutuhan seluruh warga desanya. Namun bagi masyarakat desa, vaksinasi yang ada sudah sangat berarti bagi warga desa Mondi.

Sementara itu, Ketua PD AMAN Sekadau Vinsensius Vermy mengatakan bahwa kegiatan bhakti sosial vaksinasi itu merupakan satu diantara agenda AMAN yaitu Memperkuat Konservasi Masyarakat Adat Atas Wilayah Adatnya di tengah Ancaman Pandemi COVID-19.

Tiga Organisasi Katolik Lakukan Kerja Bakti di Lingkungan Gereja di Kabupaten Sekadau

“Pemberian vaksinasi ini merupakan salah satu upaya bersama antara Masyarakat Adat, Pemerintah dan PD AMAN Sekadau dalam melindungi Masyarakat Adat dari dampak buruk akibat penularan COVID-19 disamping upaya-upaya kearifan lokal lainnya yang ada dan menjadi tradisi di kalangan Masyarakat Adat” imbuh Vermy.

Kegiatan bhakti sosial vaksinasi tersebut juga dihadiri oleh Pj. Sekda, Frans Zeno, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sekadau Matius Jon, Camat Sekadau Hulu Aloysius Ashari, dan Rektor ITKK Sekadau, Rektor ITKK sekaligus Wakil Ketua Dewan AMAN Wilayah Kalbar, Dr. Stepanus Masiun.

Hadir juga ketua ISKA Drs. Paulus Subarno, anggota DPRD Harianto dan beberapa kepala OPD Kabupaten Sekadau. (*)

(Update Informasi Seputar Kabupaten Sekadau)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved