Breaking News:

Pola Hidup Sehat

Apa Saja Gejala Pneumonia, Kenali Gejalanya Sedini Mungkin Pada Bayi

Ketika infeksi terjadi pada jaringan paru-paru, pertukaran gas tidak bisa terjadi sehingga menyebabkan sesak napas.

Editor: Maudy Asri Gita Utami
honestdocs.id
Selain mengenali gejalanya sedini mungkin, anak juga dapat dilindungi dari pneumonia dengan mengurangi faktor risiko dan memberikan imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Pneumonia masih menjadi masalah kesehatan yang patut diwaspadai, terutama bagi anak usia di bawah lima tahun (balita).

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, MEpid menyebutkan, pneumonia masih menjadi penyebab kematian utama anak balita.

Pada 2015, misalnya, 1 dari 6 anak di dunia meninggal karena pneumonia. Di dunia, Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang angka kematian terbesar akibat pneumonia pada anak.

"Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang kematian enam dari 10 anak akibat pneumonia di dunia."

Demikian diungkapkan Nadia dalam Media Gathering bertema "Ayo Imunisasi, STOP Pneumonia" bersama Save the Children, Kamis 15 Juli 2021. 

[Update Informasi Lainnya Disini]

Daging Beku Jangan Langsung Disiram Air, Sebabkan Bakteri dan Penyakit, Ini Caranya

Pneumonia adalah penyakit infeksi saluran pernapasan bagian bawah.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Prof Dr Cissy B Kartasasmita, SpA(K), MSc, PhD menjelaskan, bakteri dan virus yang terhirup akan berkembang di tenggorokan dan terbawa ke organ lain melalui darah, bisa ke paru-paru atau organ lain seperti otak.

Ketika infeksi terjadi pada jaringan paru-paru, pertukaran gas tidak bisa terjadi sehingga menyebabkan sesak napas.

"Di alveoli kita terjadi pertukaran gas. Kalau di situ penuh dengan sisa-sisa jaringan yang mati, tidak ada pertukaran gas sehingga terjadi sesak napas," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved