Breaking News:

BMKG Supadio Pontianak Sebut Gelombang Air Diperkirakan Kondusif dan Curah Hujan Berkurang

untuk di Muara Jungkat, Muara Kubu dan Muara Pemangkat yang menjadi area pencarian oleh Basarnas Pontianak.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ BMKG POntianak
Prakirawan BMKG Supadio Pontianak, Rizky Noventia Pratiwi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak belasan Kapal disebutkan oleh Basarnas Pontianak mengalami kecelakaan diperairan Kalbar.

Basarnas Pontianak menjelaskan setidaknya petugas masih mencari 51 awak kapal masih dalam pencarian, sedangkan dua awak kapal ditemukan dalam keadaan meninggal dunia akibat cuaca buruk yang menghantam 12 kapal ikan dan dua kapal tugboat di tiga lokasi berbeda, yaitu di Muara Jungkat, Muara Kubu, dan Muara Pemangkat.

Nampaknya pencarian yang akan dilakukan oleh Basarnas Pontianak akan mendapat dukungan dari alam. Hal ini lantaran gelombang diperairan Kalbar terpantau cukup kondusif hingga beberapa hari kedepan.

Hal tersebut diungkapkan Rizky Noventia Pratiwi, Prakirawan BMKG Supadio Pontianak.

Peringatan Dini BMKG Daftar Daerah Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Hari Ini Jumat 16 Juli 2021

"Secara umum untuk hari ini terpantau tinggi gelombang cukup kondusif, untuk di wilayah perairan Kalimantan Barat tinggi gelombang terpantau berkisar pada kategori rendah hingga sedang (0.5 - 2.5 meter). hingga 3 hari kedepan diprakirakan tinggi gelombang juga masih kondusif berkisar pada kategori rendah hingga sedang," kata Noventia, kepada Tribun, Kamis 15 Juli 2021.

Begitu juga untuk di Muara Jungkat, Muara Kubu dan Muara Pemangkat yang menjadi area pencarian oleh Basarnas Pontianak.

"Untuk cuaca diwilayah tersebut juga kami prakiran masih aman, hingga seminggu kedepan diprakiran cuaca cerah berawan hingga berawan, sedangkan untuk gelombang diwilayah tersebut juga diperkirakan masih aman pada kategori rendah (0.5 - 1.25 meter)," paparnya.

Begitu juga untuk cuaca di wilayah Kalimantan Barat secara umum yanh prakirakan juga cukup aman.

Dimana pada hari ini hingga seminggu kedepan wilayah Kalimantan Barat dominan cuaca cerah berawan dan potensi hujan yang cukup rendah.

"Pada saat ini hingga seminggu kedepan, cuaca masih cukup kondusif dengan dominan cerah hingga cerah berawan sehingga kami harapkan wilayah yang tergenang maupun mengalami peristiwa tanah longsor akibat hujan lebat tanggal 13-14 Juli 2021 dapat segera surut," jelasnya.

Namun demikian, BMKG Supadio Pontianak tetap bersiaga dan saling menjaga karena dengan diprediksi tidak hujan beberapa hari kedepan akan berpotensi adanya karhutla.

"Berkurangnya curah hujan dalam seminggu kedepan justru perlu diwaspadai pada peningkatan potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di sebagian wilayah Kalimantan Barat. Kami imbau masyarakat untuk tetap menjaga alam dan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan," tutupnya.

[Update Berita Seputar BMKG Pontianak]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved