Breaking News:

Pola Hidup Sehat

Coba Sekarang, Cara Melatih Imun Tubuh Tingkatkan Kesehatan Lawan Covid-19

para peneliti juga dapat mensimulasikan proses pelatihan ini dengan model matematika, dan pemahaman prediktif yang mereka peroleh memungkinkan untuk

Editor: Maudy Asri Gita Utami
KETUA RAPAT MAHYUDDIN / AFP
Sel imun atau sel kekebalan tubuh secara alami akan melawan infeksi yang disebabkan mikroba virus dan bakteri, serta ‘penyerbu’ lainnya. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan 18 Juni lalu di jurnal Science, para peneliti mengidentifikasi mekanisme molekuler kunci dalam makrofag, sel-sel yang melawan infeksi dari sistem kekebalan bawaan, yang menentukan apakah dan seberapa baik  sel-sel itu dapat dilatih.

Sel imun atau sel kekebalan tubuh secara alami akan melawan infeksi yang disebabkan mikroba virus dan bakteri, serta ‘penyerbu’ lainnya.

Tetapi, sebenarnya sel-sel imun atau kekebalan tubuh ini juga dapat diprogram ulang atau "dilatih" untuk merespons dengan lebih agresif dan kuat terhadap ancaman semacam itu.

Demikian menurut para ilmuwan UCLA yang telah menemukan aturan mendasar, yang mendasari proses ini dalam sebuah kelas sel tertentu.

Temuan mereka dapat membantu membuka jalan, bagi strategi yang ditargetkan di masa depan untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

[Update Berita Lainnya Disini]

 Apa yang Harus Dilakukan Saat Isoma? Ini Anjuran Obat, Vitamin Covid-19 Gejala Ringan Menurut Dokter

"Seperti seorang tentara atau atlet, sel-sel kekebalan bawaan dapat dilatih oleh pengalaman masa lalu untuk menjadi lebih baik dalam memerangi infeksi," kata penulis utama Quen Cheng, asisten profesor klinis penyakit menular di UCLA's David Geffen School of Medicine.

Namun, dia mencatat, para peneliti sebelumnya telah mengamati bahwa beberapa pengalaman tampaknya lebih baik daripada yang lain untuk pelatihan kekebalan.

"Temuan mengejutkan ini memotivasi kami untuk lebih memahami aturan yang mengatur proses ini," ujar Cheng.

Menurut peneliti, bisa atau tidaknya pelatihan kekebalan terjadi tergantung pada bagaimana DNA sel dibungkus.

 Penciuman Mendadak Hilang Apakah Covid-19? Berikut 5 Bahan Alami untuk Atasi Anosmia

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved