Aturan Baru Penumpang Pesawat yang Mulai Berlaku Hari Ini Senin 12 Juli 2021

Aturan baru ini dibuat pemerintah dalam rangka Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di sektor transportasi udara.

Editor: Nasaruddin
TRIBUNPONTIANAK/Muzammilul Abrori
ILUSTRASI - Suasana Bandara Internasional Supadio Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah sudah membuat aturan mengenai syarat penumpang pesawat yang mulai berlaku hari ini, Senin 12 Juli 2021.

Aturan baru ini dibuat pemerintah dalam rangka Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di sektor transportasi udara.

Pengetatan tersebut berlaku untuk penerbangan antar bandara di Pulau Jawa, penerbangan dari/atau ke bandara di Pulau Jawa, dan penerbangan dari/atau ke bandara di Pulau Bali.

Penumpang pesawat yang berangkat dari/menuju bandara-bandara tersebut, diwajibkan membawa sejumlah dokumen persyaratan.

7 Titik Pos Penyekatan Jalan di Pontianak Selama PPKM Darurat

Dokumen tersebut terdiri dari:

- Sertifikat/kartu vaksin, minimal dosis pertama

- Surat keterangan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan

- e-HAC Indonesia

Dokumen-dokumen tersebut tidak perlu dibawa dalam wujud fisik, tetapi cukup melalui aplikasi PeduliLindungi atau dengan menunjukkan NIK di konter check-in.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dokumen-dokumen tersebut terintegrasi dengan sistem NAR dan terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi.

"Dengan mekanisme baru ini, pengecekan kesehatan penumpang dilakukan saat keberangkatan dan bukan saat kedatangan, sehingga bisa membuat para penumpang merasa lebih aman dan nyaman," kata Budi.

Ikuti Aturan Pemerintah, Ayani Megamall Pontianak Liburkan 80 Persen Karyawan Selama PPKM Darurat

Tes PCR hanya dari Lab Kemenkes

Untuk mendukung integrasi data kesehatan dalam sistem NAR, mulai 12 Juli 2021, hasil tes PCR atau rapid antigen yang diakui sebagai syarat naik pesawat selama PPKM Darurat 3-20 Juli, hanya dari 742 laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Untuk lab-lab yang belum memasukkan data ke NAR, mulai hari Senin, 12 Juli 2021 hail swab PCR/antigennya tidak berlaku untuk penerbangan," kata Budi.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved