Breaking News:

Pola Hidup Sehat

Penggunaan Masker Sebagai Gaya Hidup Terkini, Ini Cara Memakai Dobel Masker yang Benar

Seseorang sangat riskan terpapar Covid-19, jika jenis masker yang digunakan salah, cara memakai dan membuka masker salah, sering memegang masker

Editor: Maudy Asri Gita Utami
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rizki Kurnia
Suasana belajar tatap muka di SMPN 3 Kota Singkawang. Siswa terpantau patuh menggunakan masker dan faceshield . Rabu 10 Maret 2021. /Rizki Kurnia 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Penularan Covid-19 kini telah cepat menyebar di sekitar kita. 

Dalam upaya menekan risiko transmisi infeksi varian baru Covid-19 yang disebut progesif menular lebih cepat, memperparah kondisi, hingga berpeluang re-infeksi, masyarakat diminta jangan asal memakai masker sembarangan.

Ahli mengingatkan, salah memakai masker justru bisa meningkatkan risiko Anda terpapar Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bhakti Wara, dr Nafiandi SpPK dalam keterangan tertulisnya yang dikutip dari Kompas.com

“Seseorang sangat riskan terpapar Covid-19, jika jenis masker yang digunakan salah, cara memakai dan membuka masker salah, sering memegang masker waktu dipakai terutama bagian depan, serta tidak menjaga jarak, karena tetap berisiko terinfeksi walaupun sudah memakai masker,” kata Nafriandi.

[Update Informasi Kesehatan Lainnya Disini]

Daftar 20 Provinsi Prokes di Bawah Standar ! Cek Peta Zonasi Kepatuhan Memakai Masker dan Jaga Jarak

Lantas, bagaimana menggunakan masker yang benar?

Seperti diketahui, penularan Covid-19 ini melalui 3 jalur yaitu inhalasi (terhirup), deposisi (terpercik), dan kontak langsung (sentuhan) terhadap virus yang terkandung di droplet, partikel aerosol (airborne), ataupun permukaan benda-benda yang terkontaminasi dari cairan respirasi orang yang terinfeksi positif Covid-19.

Oleh karena itu, sejauh ini, penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan wajib yang harus dipatuhi semua orang untuk meminimalisir potensi risiko penularan penyakit Covid-19.

Nafriandi mengatakan, setiap orang masih ada kemungkinan tertular Covid-19 walaupun menggunakan masker, karena kemampuan masker tidak 100 persen memfiltrasi partikel.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved