Breaking News:

Kunker ke Pemahan, Martin - Farhan Minta Pemekaran Kecamatan Dipersiapkan

Di kesempatan yang sama, ia juga menginformasikan bahwa pembangunan Puskesmas Rawat Inap di Desa Lalang Panjang sudah rampung.

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Martin-Farhan Saat Berkunjung ke Kecamatan Pemahan dan Meminta Camat dan Kepala Desa Persiapkan Pemekaran Kecamatan. Foto istimewa 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Bupati Kabupaten Ketapang Martin Rantan bersama Wakil Bupati Farhan melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pemahan dalam rangka persiapan pemekaran kecamatan, Senin 28 Juni 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati meminta agar para Camat dan Kepala Desa untuk menyiapkan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB).

Bupati mengatakan, berdasarkan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, meskipun moratorium pemekaran otonomi baru belum dibuka Pemerintah Pusat, tetapi pesiapan pemerakan sudah harus dilakukan sejak sekarang .

Adapun wilayah administrasi Kecamatan yang akan dimekarkan diantaranya Kecamatan Sandai, Laur dan Nanga Tayap.

Farhan Tinjau Pembangunan Puskemas dan SPBU 3T di Kecamatan Pemahan

Kemudian Kecamatan Manis Mata, Marau, Air Upas, Singkup, Jelai Hulu, Tumbang Titi, Sungai Melayu Rayak dan Kecamatan Pemahan.

Menurut Martin, pemekaran adalah solusi mengatasi luasan wilayah serta memperpendek rentang kendali pemerintahan.

Hal demikian, lantaran luasan wilayah administratif Ketapang setara dengan luas wilayah Provinsi Jawa Tengah.

“Provinsi Jateng dengan 29 Kabupaten dan 6 kota. Sementara Kabupaten Ketapang dengan luas wilayah seluas jateng hanya dibiayai satu APBD saja," ujar Martin.

Untuk itu, ia meminta Camat dan Kepala Desa bersama warga masyarakat untuk menyiapkan dokumen - dokumen pemekaran yang nanti akan diajukan ke Pemerintah Pusat, jika moratorium Pemekaran daerah otonomi baru dibuka.

Di kesempatan yang sama, ia juga menginformasikan bahwa pembangunan Puskesmas Rawat Inap di Desa Lalang Panjang sudah rampung.

Serta serta pembangunan SPBU 3T yang pekerjaannya sedang dilakukan.

"Terima kasih kepada warga Pebihingan atas dukungan pembangunan yang dulunya ada pro dan kontra. Sekarang Puskesmas tersebut tinggal menunggu peresmian," tegasnya.

Kepala daerah dua periode ini pun mengharapkan kepada warga Pebihingan untuk segera menyiapkan lahan untuk pembangunan Polsek Sub Sektor Pemahan.

“Pemerintah Daerah akan membangun Polsek sub Sektor Pemahan melalui belanja hibah yang nanti akan diserahkan ke Polres Ketapang," pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Smart Ketapang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved