Breaking News:

Sepekan Ungkap Tiga Kasus Curanmor, Kanit Reskrim Polsek Pontianak Timur Beri Tips Aman Simpan Motor

Dari hasil pemeriksaan, kasus pencurian itu selain terjadi karena niat para pelaku juga disebabkan kelalaian dari para pemilik kendaraan, yang diantar

Penulis: Ferryanto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kanit Reskrim Polsek Pontianak Timur Ipda Widhiharso 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dalam sepekan di akhir bulan Juni 2021, Polsek Pontianak Timur berhasil mengungkap 3 kasus pencurian kendaraan bermotor, pertama di Jalan Tanjung Raya 1, kedua di Jalan Panglima Aim, dan Ketiga di jalan padat karya.

Dengan maraknya kasus pencurian tersebut, Kapolsek Pontianak Timur AKP Prayitno melalui Kanit Reskrim Polsek Pontianak Timur Ipda Widhiharso menghimbau masyarakat untuk selalu waspada saat menyimpan kendaraannya, khusus kendaraan roda dua.

Dari hasil pemeriksaan, kasus pencurian itu selain terjadi karena niat para pelaku juga disebabkan kelalaian dari para pemilik kendaraan, yang diantaranya tidak memberi perlindungan kunci ganda, bahkan ada yang lupa mencabut kunci motornya.

Pelaku Curanmor di Sungai Raya Berhasil Diringkus Saat Berada di Mempawah

Untuk mencegah terjadinya pencurian kendaraan bermotor, Ipda Widhiharso memberikan tips aman agar kendaraan tidak mudah di ambil oleh pencuri.

Pertama, Kunci setang ke arah kanan, dimana Posisi kunci setang ke kanan dinilai lebih aman meminimalisir pencurian, Sebab hal ini menyulitkan pelaku kejahatan untuk beraksi.

Posisi setang ke kanan juga akan membuat pelaku kejahatan menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk membobol kunci motor.

"posisi setang motor ke kanan membuatnya menjadi sedikit menutup lubang kunci. Sehingga cukup menyulitkan untuk memasukan kunci T,"ujarnya, Jumat 2 Juli 2021.

Berbeda halnya jika posisi setang dikunci ke kiri, dimana Posisi tersebut (setang ke kiri), lubang kunci tidak tertutup oleh setang. Sehingga waktu untuk membobol lubang kunci relatif lebih cepat.

Ipda Widhiharso berpesan agar masyarakat selalu waspada dan tidak lalai dalam menyimpan kendaraannya untuk keselamatan dan keamanan bersama. (*)

(Update Informasi Seputar Kota Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved