Breaking News:

Puluhan Mahasiswa Untan Gelar Aksi Sampaikan 8 Tuntutan Kepada Pemerintah

Poin pertama yakni pihaknya mendesak Ketua KPK untuk mencabut SK penonaktifan 75 pegawai KPK yang disebabkan tes wawasan kebangsaan.

Penulis: Ferryanto | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/FERRYANTO
Puluhan Mahasiswa Untan yang menggelar aksi di Bundaran Tugu Digulis Pontianak, Jumat 2 Juli 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Puluhan Mahasiswa dari berbagai Fakultas di Universitas Tanjungpura Pontianak menggelar aksi di Bundaran Tugu Digulis Pontianak, Jumat 2 Juli 2021.

Dalam aksinya puluhan mahasiswa yang menggenakan Almamater Biru Universitas Tanjungpura Pontianak turut membawa berbagai sepanduk berisikan aspirasinya.

"Pembatasan Demokrasi Berskala Besar, Freedom to Speak, Demokrasi,"dan lain sebagainya.

Rio, Koordinator Lapangan aksi tersebut menyampaikan bahwa aksi mahasiswa kali ini membawa 8 tuntutan utama kepada pemerintah hasil konsolidasi 5 Fakultas di Universitas Tanjungpura yakni Fisipol, Fakultas Ekonomi, Fakultas Mipa, Fakultas IKIP, dan Fakultas Pertanian.

Poin pertama yakni pihaknya mendesak Ketua KPK untuk mencabut SK penonaktifan 75 pegawai KPK yang disebabkan tes wawasan kebangsaan.

"yang secara substansi ini cacat formil, dan mengandung rasisme dan terindikasi pelecehan dan mengganggu hak privasi dalam beragama,''ujarnya.

GMKI Cabang Pontianak Sayangkan Penundaan Pendaftaran CPNS dan P3K di Kota Pontianak

kedua, menuntut Ketua KPK Filri Bahuri untuk mundur dari jabatannya, karena telah gagal menjaga integritas dan marwah KPK dalam pemberantasan Korupsi.

ketiga, menuntut KPK untuk segera menyelesaikan permasalahan kasus korupsi seperti kasus Bansos,BLBI, Benih Lobster, Suap Dirjen Pajak dan sebagainya.

Empat, menjamin tidak adanya ancaman terhadap Civitas akademik dan Mahasiswa ketika menggunakan hak kebebasan berpendapat.

"Lima, termasuk didalamnya tidak ada larangan untuk turun aksi,''katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved