Breaking News:

Baznas Kalbar Salurkan Beasiswa Bagi Mahasiswa Berprestasi

Dalam penyaluran Zakat, dipaparkannya terdapat 8 asnaf yang dapat menerima zakat, yakni fakir, miskin, amil, Mu'allaf, Hamba Sahaya, Gharimin, Fisabil

Penulis: Ferryanto | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/FERRYANTO
Penyaluran secara simbolis bantuan Beasiswa dari BAZNAS ke Universitas Muhammadiyah Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Barat menyalurkan beasiswa kepada 10 mahasiswa berprestasi di Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Hamzah Tawil yang mendampingi Ketua Baznas Kalbar Uray M Amin menjelaskan, bahwa penyaluran beasiswa bagi mahasiswa berprestasi ini merupakan program rutin tahunan dari Baznas Kalbar,

Hamzah tawil menuturkan, bahwa beasiswa ini disalurkan khusus kepada mahasiswa dan mahasiswi kurang mampu secara ekonomi namun berprestasi yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi islam yang ada di Kalbar.

Dalam penyaluran Zakat, dipaparkannya terdapat 8 asnaf yang dapat menerima zakat, yakni fakir, miskin, amil, Mu'allaf, Hamba Sahaya, Gharimin, Fisabillah, dan Ibnu Sabil.

''mahasiswa yang akan mendapat bantuan ini sesuai dengan asnaf penerima zakat, yakni fakir miskin, jadi selain berprestasi juga yang secara ekonomi tidak mampu. dan untuk beasiswa ini satu orang mendapat bantuan 2 jura rupiah,''tuturnya menjelaskan.

Wabup Minta Seleksi Calon Pimpinan Baznas Kapuas Hulu Transparan, Akuntabel dan Detail

Terkait Mahasiswa penerima beasiswa ini, ia mengatakan bahwa Baznas menyerahkan seluruhnya kepada pihak Universitas untuk melakukan assasment atau penilaian, karena dinilainya pihak universitaslah yang paling memahami siapa yang pantas mendapat beasiswa tersebut.

Pada tahun 2021, jumlah mahasiswa yang diberikan bantuan oleh Baznas Kalbar berjumlah 200 orang yang tersebar di berbagai Universitas yang ada di Kalimantan Barat.

''tahun ini kita sudah menyalurkan beasiswa ke sebanyak 200 mahasiswa, nilai totalnya 400 jutaan,,''ungkapnya.

Selain memberikan beasiswa dalam program tersebut, pihaknya juga memberi program bantuan beasiswa hingga selesai kepada 5 mahasiswa yang ada di kabupaten Mempawah hingga mahasiswa tersebut menyelesaikan pendidikannya.

Diharapnya, dengan beasiswa yang diberikan dapat memberi kemudahan bagi para mahasiswa yang ada di Kalimantan Barat untuk menyelesaikan pendidikannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved