Breaking News:

Lewat Triponcast, Muralis Pontianak Ayu Murniati Motivasi Tribuners

Di dalam program podcast tersebut, Ayu atau yang dikenal dengan Kebong ini menceritakan awal mengetahui mural pada tahun 2016 silam. Menurutnya pada s

Penulis: Rizki Fadriani | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Rizki Kurnia
Muralis Pontianak, Ayu Murniati, membagikan kisah serunya yang memotivasi Tribuners, lewat Tribun Pontianak Official Podcast (Triponcast) edisi Bebincang Bisnis yang tayang secara live di Facebook dan Instagram Tribun Pontianak, Selasa 29 Juni 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Muralis Pontianak, Ayu Murniati, membagikan kisah serunya yang memotivasi Tribuners, lewat Tribun Pontianak Official Podcast (Triponcast) edisi Bebincang Bisnis yang tayang secara live di Facebook dan Instagram Tribun Pontianak, Selasa 29 Juni 2021.

Di dalam program podcast tersebut, Ayu atau yang dikenal dengan Kebong ini menceritakan awal mengetahui mural pada tahun 2016 silam. Menurutnya pada saat itu masyarakat khususnya di Pontianak, masih menganggap mural merupakan sebuah karya yang tabu, dan belum bisa menerima mural, karena dianggap sebuah karya seni mahal.

Namun sekarang, masyarakat sudah tau bagaimana mengapresiasi mural

"Tau bagaimana prosesnya, tau harganya. Sehingga sekarang sudah jarang ada yang menawar harga mural," jelasnya kepada Tribun.

BREAKING NEWS - Pontianak Zona Merah COVID-19, Sutarmidji Minta Pemda Perketat Penerapan PPKM Mikro

Ia turut menginformasikan, jika lukisan dan mural memiliki media yang berbeda. Jika lukisan menggunakan kanvas, sedangkan mural melalui tembok atau dinding.

Dan menurut informasi dari artikel yang pernah dibacanya, zaman dulu mural digunakan untuk tujuan politik, kampanye atau kritik melalui media dinding. Namun di era saat ini, kebanyakan mural digunakan untuk tujuan estetika, bukan melulu soal kritik atau politik.

Dan sampai saat ini, lebih dari 200 tembok atau dinding di Kalimantan Barat, dihiasi dengan goresan cat Kebong, yang syarat akan nilai seni dan tokoh perempuan Indonesia, yakni Najwa Sihab pernah merepost postingan gambar muralnya terkait pesan #dirumahaja. (*)

(Update Informasi Seputar Kota Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved