Breaking News:

Kadisducapil Provinsi Imbau Masyarakat Kalbar Terus Update Data pada Kartu Keluarga

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Barat, Yohanes Budiman mengatakan masyarakat sangat perlu mengupdate data pada KK, karena akan berkaitan den

Penulis: Anggita Putri | Editor: Hamdan Darsani
Istimewa
Kartu Keluarga 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Disdukcapil Provinsi Kalimantan Barat terus mengkampanyekan kepada masyarakat terkait pentingnya mengupdate perubahan elemen pada kartu keluarga (KK). 

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Barat, Yohanes Budiman mengatakan masyarakat sangat perlu mengupdate data pada KK, karena akan berkaitan dengan data kependudukan. 

“Misalnya dulu dalam satu keluarga bikin kartu keluarga anaknya masih SMP, tapi sekarang sudah selesai kuliah kalau tidak diubah akan berpengaruh terhadap berapa jumlah penduduk di Kalbar yang lulus SMA,”ujarnya kepada Tribun Pontianak, Selasa 29 Juni 2021.

Ia mengimbau masyarakat Kalbar harus jeli dan wajib mengurus perubahan pada KK, apalagi kalau ada yang meninggal, pindah dan pisah KK untuk dapat diperbaharui ke Dukcapil didaerah masing-masing.

Penjelasan Kadisdukcapil Provinsi Kalbar Terkait Rekam Cetak KTP di Luar Daerah Domisili 

“Bagi yang ingin mengajukan perubahan KK syaratnya sederhana. Mereka tinggal datang ke Dukcapil daerah masing-masing serta membawa  KK lama, dokumen pendukung. Misalnya ijazah bukti bahwa pendidikan pada anaknya telah selesai,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pada prinsipnya data pada KK harus terus  di update karena data ini akan berdampak misalnya kepada data berapa lulusan sarjana di Kalbar, ataupun lainnya.

“Itu menjadi dampak dari data yang tidak di upgrade,”ucapnya. 

Ia mengatakan pengalaman ini didapatkan ketika memberikan pelayanan di Benkayang ternyata banyak yang membawa KK yang tidak terupdate.

“Setelah ditemukan dilapangan,sehingga kami langsung melalukan perubahan. Saya yakin tidak akan dipersulit kalau dipersulitkan silahkan lapor ke Dukcapil Provinsi Kalbar,”pungkasnya. (*)

(Update Informasi Seputar Kota Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved