Breaking News:

Antisipasi Karhutla, PT SAP Toba Gelar Sosialisasi Pencegahan Penanganan dan Kesiapsiagaan

Kita tahu bahwa Karhutla ini kejadian berulang dan itu memang setiap tahun terjadi. Pelaksanaan sosialisasi di bulan Juni ini sangat pas

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Nina Soraya
Tribunpontianak.co.id/Istimewa
Peserta, tamu dan undangan foto bersama pada kegiatan sosialisasi pencegahan, penanganan, kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Aula Paroki Toba, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Kamis 17 Juni 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - PT Surya Agro Palma (SAP) Kecamatan Toba menggelar sosialisasi pencegahan, penanganan, kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Aula Paroki Toba, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Kamis 17 Juni 2021.

Dalam sosialisasi ini juga PT SAP bersama dengan Forkopincam Toba, Kepala Desa, dan masyarakat Kecamatan Toba.

Hadir dalam sosialisasi, Community Development Manajer PT SAP, Herwin, Forkopincam Toba atau yang mewakili, Kepala UPT Kesatuan Pengelolan Hutan (KPH) Wilayah Sanggau Barat, Amung Hidayat, Ketua DAD Kecamatan Toba dan undangan lainya.

Hadiri Pelatihan Relawan Pemadam Karhutla, Ini Pesan Bupati Fransiskus Diaan

Community Development Manajer PT SAP, Herwin menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi karhutla ini sangat penting sebagai tindakan dini untuk pencegahan Karhutla, diperkirakan awal Juli mulai kering atau kemarau. 

"Kegiatan sosialisasi Karhutla ini untuk me-refresh kembali agar kita dan Saudara-saudara kita yang akan buka ladang dengan cara bakar tetap ingat dan mengacu kepada Pergub 103. Mencegah Karhutla adalah kewajiban kita bersama,"katanya.

Antisipasi Karhutla, Polres Sekadau Gelar Binteknis Penyelidikan dan Penyidikan Karhutla

Dikatakannya, PT SAP sudah menyiapkan sarana dan prasarana Damkar sebagaimana yang diatur  Permentan nomor 5 tahun 2018 seperti membentuk tim damkar

"Kita punya 2 tim damkar,membuat menara pantau,membuat embung air, monitoring atau pemerikasaan sarana dan prasarana untuk pastikan semuanya dalam keadaan baik dan siap di gunakan," ujarnya.

Kapolres Kubu Raya Beserta Personel Laksanakan Patroli Karhutla

Sementara itu, Kepala UPT Kesatuan Pengelolan Hutan (KPH) Wilayah Sanggau Barat, Amung Hidayat mengapresiasi dengan sosialisasi terkait Karhutla yang dilaksanakan PT SAP. Karena ini merupakan bagian dari tanggung jawab bersama.

"Kita tahu bahwa Karhutla ini kejadian berulang dan itu memang setiap tahun terjadi. Pelaksanaan sosialisasi di bulan Juni ini sangat pas, Karena diprediksi dari BMKG itu pada Juli mulai musim panas,"katanya.

Rangkaian Kegiatan Polsek Embaloh Hulu, Sosialisasi Zero Karhutla, Bagikan Masker & Cek Toko Sembako

Sosialisasi ini tentunya me-refresh dan mengingatkan kembali. Ia menyakini bahwa masyarakat juga sudah paham terkait ini, Akan tetapi kemungkinan karena aktivitas terlalu banyak diingatkan kembali melalui sosialisasi ini.

"Saya lihat yang hadir cukup antusias,"ujarnya.

Hadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Berikut Paparan Wakapolda Kalbar

Untuk itulah, Ia mengimbau kepada masyarakat supaya berhati-hati dalam hal penggunaan api. Terlebih juga sudah ada Pergub 103 tahun 2020 dan Perbup 39 tahun 2020. 

"Disitu sudah secara jelas diatur berapa luasan yang bisa dibuka, itu sudah ada semua. Ya mungkin diingatkan kembali yang dibuka seluas 2 hektare per KK, tapi dengan banyak syaratnya. dan insyaallah kalau memang itu dipenuhi Karhutla bisa kita tekan,"ujarnya.

TNI-Polri Bersama Warga Bersinergi Bantu Padamkan Kebakaran Lahan di Desa Capkala

Ketua DAD Kecamatan Toba, Antonius Sukamto juga mengapresiasi kepada pihak PT SAP yang jauh sebelumnya sudah mempersiapkan diri, mengingatkan kembali masyarakat adat kaitan dengan menghadapi musim kemarau. (hen).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved