Breaking News:

Balitbang Provinsi Kalbar Bentuk Tim Gabungan Praktisi dan Mahasiswa

"Serta sesuai dengan yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Informasi Geospasial yang juga diharapkan

Penulis: Hadi Sudirmansyah | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat Dr. Herkulana Mekarryani S, M.Si secara resmi pada hari Kamis tanggal 10 Juni 2021 kemarin menutup pembelajaran diluar program studi dalam bentuk Magang atau Praktik Kerja di Mitra Kerja berupa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yakni Mahasiswa FKIP UNTAN Prodi Geografi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat Dr. Herkulana Mekarryani S, M.Si secara resmi pada hari Kamis tanggal 10 Juni 2021 kemarin menutup pembelajaran diluar program studi dalam bentuk Magang atau Praktik Kerja di Mitra Kerja berupa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yakni Mahasiswa FKIP UNTAN Prodi Geografi.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, serta Kerjasama (PKS) yang dilakukan antara Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura dengan Nomor : 074/136/BPPKB-D/2021 dan Nomor : 1905/UN22.6/KS/2021, tanggal 8 Pebruari 2021 Tentang Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Bentuk Magang di Mitra Kerja .

Dalam rilis resmi yang di terima Tribun Pontianak pada Rabu 16 Juni 2021, Kepala BALITBANG Provinsi Kalbar Dr. Herkulana Mekarryani S, M.Si dalam sambutan penutupan menyampaikan bahwa kegiatan bentuk magang mahasiswa ini selain bermanfaat bagi mahasiswa, juga sangat bermanfaat bagi BALITBANG terutama dalam mengembangkan aplikasi pelayanan Informasi Kelitbangan berbasis data geospasial "Khatulistiwa One Map" (KOM) yang dimiliki oleh BALITBANG.

"Serta sesuai dengan yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Informasi Geospasial yang juga diharapkan kepada Mahasiswa setelah kegiatan Program Magang ini selesai, kolaborasi masih tetap bisa dilakukan bersama dalam memanfaatkan serta mengembangkan Data dan Informasi Geospasial untuk Masyarakat Kalimantan Barat,"katanya.

Momentum Halal Bi Halal MN KAHMI, Erick Thohir, Mahfud, dan JK Ajak Jihad Ekonomi di Tengah Pandemi

Dan Kemudian untuk mengembangkan dan mengelola Aplikasi Pelayanan Informasi Kelitbangan Berbasis Data Geospasial "KOM" tersebut, melalui Surat Keputusan Kepala Balitbang Nomor 42 Tahun 2021 tanggal 8 Juni 2021 telah dibentuk Tim Sistem Informasi Geografis Inovasi dan Teknologi Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang disingkat dengan "TIM SIG INOVTEK MBKB" Kalimantan Barat.

Saat ini tim yang telah dibentuk BALITBANG Provinsi Kalbar ini selain anggotanya berasal dari Staf Balitbang, Praktisi dan Mahasiswa UNTAN , maka nantinya juga akan melibatkan Mahasiswa dari Perguruan Tinggi lainnya.

"Kedepan dengan tugas tim tersebut Mengelola & Memperbarui Data Aplikasi "KOM", Mengembangkan Aplikasi KOM kepada Masyarakat, Mahasiswa dan Pelajar dan Diseminasi serta Melatih Ketrampilan SIG bagi Aparat, Mahasiswa dan Pelajar agar bisa memanfaatkan data dan Informasi yang ada di aplikasi KOM,"ungkapnya

Sementara Ketua Program Studi Geografi FKIP UNTAN Drs. Budiman Tampubolon M.Si menambahkan bahwa Perjanjian Kerjasama antara Balitbang dan FKIP UNTAN dilakukan juga dalam rangka menindaklanjuti Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan Universitas Tanjungpura Nomor : 1578/UN22/HK.07.00/2019 dan Nomor : 4/KB-PEM/2019 tanggal27 Agustus 2019 tentang Kegiatan Pembangunan Di Kalimantan Barat.

Ia juga menuturkan kegiatan magang Mahasiswa FKIP UNTAN di Kantor BALITBANG Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan dari dari tanggal 8 Pebruari - 9 Juni 2021 dengan diikuti oleh tiga mahasiswa FKIP UNTAN dari Program Studi Geografi.

"Magang tersebut diharapkan nantinya bisa memberikan pengalaman kerja dan bisa merasakan pembelajaran secara langsung ditempat kerja dan Meningkatkan kompetensi mahasiswa yang dimiliki agar nantinya siap bekerja serta bisa menciptakan peluang kerja atau lapangan kerja baru."ujar Kaprodi Geografi FKIP Untan

Selain itu pembimbing atau Mentor dari BALITBANG Prov Kalbar Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Sigit Nugroho WJ mengharapkan kepada para mahasiswa yang telah menyelesaikan proses magang tersebut nantinya agar bisa melakukan evaluasi dan menilai diri sendiri.

"Serta juga mengambil keputusan terhadap apa yg diinginkan atau diharapkan setelah lulus dari bangku kuliah untuk melanjutkan cita-citanya seperti menjadi Guru atau Pendidik, bisa juga menjadi Peneliti,"katanya

Dan atau bahkan bekerja dibidang lainnya dengan cara mengembangkan potensi kompetensi yang sudah dimiliki. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved