Breaking News:

Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Ajak Anak-anak Perbatasan Belajar Sembari Nikmati Suasana Alam

Pembelajaran di alam terbuka ini baru pertama kali dilaksanakan, harapannya dengan metode ini Anak-anak perbatasan tidak mudah bosan dalam mengikuti k

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns saat mengajak Anak-anak perbatasan belajar sambil menikmati suasana alam di Dusun Guntembawang, Desa Pala Pasang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Kemarin. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns mengajak Anak-anak perbatasan belajar sambil menikmati suasana alam di Dusun Guntembawang, Desa Pala Pasang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Kemarin.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns Letkol Inf Hendro Wicaksono mengatakan bahwa alam adalah media yang sangat baik untuk proses perkembangan kecerdasan anak. Ada banyak hal yang bisa dikenalkan kepada anak.

"Biasanya alam juga memberikan suasana berbeda untuk berinteraksi secara langsung dengan lingkungan dan membantu membuka imajinasi,"katanya melalui rilisnya, Selasa 15 Juni 2021.

Pembelajaran di alam terbuka ini baru pertama kali dilaksanakan, harapannya dengan metode ini Anak-anak perbatasan tidak mudah bosan dalam mengikuti kegiatan belajar.

Di tempat terpisah, Danpos Guntembawang Letda Inf Nanang mengatakan bahwa belajar di alam terbuka akan membantu membuka pikiran anak-anak.

Perwira Hukum Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Masyarakat

"Mereka akan berpikir bahwa belajar bukanlah kegiatan yang membosankan dan harus dilakukan di dalam kelas dengan situasi formal. Namun, belajar dapat dilakukan di mana saja dan menjadi kegiatan yang menyenangkan,"ujarnya.

Kegiatan mengajar anak-anak perbatasan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pos Guntembawang selama masa libur sekolah akibat pandemi Covid-19, dikarenakan di Dusun Guntembawang tidak memiliki akses sinyal internet untuk proses belajar online.

"Pos Guntembawang berninovasi dengan metode belajar di alam terbuka, Sehingga dapat memperluas pandangan anak-anak bahwa belajar itu bisa menggunakan apa saja. Disamping itu dengan metode belajar di alam terbuka kita dapat menyampaikan pesan moral kepada para siswa agar selalu tetap semangat menuntut ilmu, tidak berkecil hati walaupun tidak bisa belajar secara online,"jelasnya.

Pratu Adinowa dan Pratu Budiyono anggota Pos Guntembawang Sebagai tenaga pendidik mengajak Anak-anak perbatasan, mereka juga memberi motivasi kepada anak-anak perbatasan agar selalu menanamkan kecintaan pada alam karena sebagai manusia kita mempunyai kewajiban menjaga dan merawat alam sehingga tetap terjaga kelestariannya. (*)

(Simak berita terbaru dari Sanggau)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved