Breaking News:

PT Jasa Raharja Kalbar

Korban Laka Meninggal Tanpa Ahli Waris, Bagaimana Hak Santunannya? Jasa Raharja Kalbar Beri Jawaban

Santunan tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak yang menyelenggarakan kegiatan penguburan atau pemakaman korban.

Editor: Nina Soraya
Foto Dok Jasa Raharja Kalbar
Petugas Jasa Raharja Kalbar melakukan pelayanan belum lama ini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kerap kali ada pertanyaan terkait bila terjadi kecelakaan lalu lintas, korban laka yang meninggal tidak punya ahli waris, bagaimana hak santunannya dari Jasa Raharja?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang santunan Jasa Raharja, yuk kita pahami dulu siapa sebenarnya ahli waris itu?

Jasa Raharja Kalbar Sigap Survei Ahli Waris Guna Percepat Penyaluran Santunan

Sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 1965 tentang Ketentuan-ketentuan Pelaksanaan Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan nomor 18 tahu 1965 tentang Ketentuan-ketentuan Pelaksanaan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, khususnya  pasal 12 menyebutkan bahwa yang berhak mendapat pembayaran dana dalam hal kematian korban adalah jandanya/dudanya yang sah, dalam hal tidak ada jandanya/dudanya yang sah, anak-anaknya yang sah, dan dalam hal tidak ada jandaya/dudanya dan anak-anaknya yang sah, kepada orang tuanya yang sah.

Mudik Gratis Ditiadakan, Jasa Raharja Kalbar Berikan Kuota Gratis Lewat Program MOLAE

Lantas bagaimana jika korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal dunia yang terjamin Jasa Raharja tetapi tidak mempunya ahli waris sesuai dengan yang disebutkan di atas?

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Barat, Regy S. Wijaya buka suara.

Menurutnya ahli waris yang sah yang berhak menerima santunan untuk korban kecelakaan yang meninggal dunia ada 3 yakni janda/dudanya yang sah, anak-anaknya yang sah dan orang tuanya yang sah.

Optimalisasi Pelayanan Samsat Drive Thru, Jasa Raharja Kalbar Koordinasi Bersama Bapenda Kalbar

Apabila suatu ketika terjadi kecelakaan lalu lintas dan menyebabkan korban meninggal dunia sedangkan korban tidak memiliki ketiga ahli waris tersebut, maka kepadanya diserahkan santunan biaya penguburan sebesar Rp 4 juta.

"Santunan tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak yang menyelenggarakan kegiatan penguburan atau pemakaman korban,” terangnya saat ditemui di kantornya.

Jasa Raharja Kalbar Kembali Gelar Pelayanan Kesehatan dan Rapid Antigen Gratis

Pihaknya menyebutkan bahwa besaran santunan biaya penguburan tersebut telah tertuang dalam peraturan menteri keuangan Nomor 15/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Iuran Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Feri/Penyeberangan, Laut dan Udara dan Nomor 16/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Jasa Raharja Kalbar Salurkan Santunan Rp 11,58 Miliar Hingga Triwulan 1 2021

“Petugas kami tentunya akan melakukan survey untuk memastikan terlebih dahulu bahwa korban kecelakaan yang meninggal dunia tersebut tidak memiliki ahli waris, supaya santunan dapat diberikan dengan tepat dan juga kami mencari informasi siapa pihak yang menyelenggarakan pemakaman guna penyerahan santunan penguburan dimaksud,” pungkasnya.

Jasa Raharja Kalbar Dukung Penuh Pemerintah Optimalkan Pelayanan Demi Tingkatkan Penerimaan Pajak

PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Barat sebagai penyelenggara program perlindungan dasar terhadap korban kecelakaan penumpang alat angkutan umum dan lalu lintas jalan berkomitmen akan terus memberikan pelayanan yang optimal, mudah, cepat dan tepat sebagai wujud kehadiran negara di tengah masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved