Breaking News:

Kakankemenag Mempawah Ungkap Tata Cara Penarikan Setoran Dana Haji

"Kakankemenag Kabupaten/Kota akan menyampaikan surat pengajuan pengembalian setoran Bipih ke Ditjen PHU Kemenag RI," katanya.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, Mirad. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, Mi'rad menjelaskan alur ataupun tata cara penarikan setoran dana haji.

Menurutnya ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, dan berdasarkan KMA No.660 Tahun 2021 tentang pembatalan pemberangkatan jemaah haji tahun 1442 H/2021 M. Jemaah Haji yang telah melunasi Bipih tahap ke satu dan tahap kedua untuk penyelenggaraan ibadah haji Tahun 1441 H/2020 M, dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih.

Sesuai dengan peraturan tersebut kata Mi'rad, ada beberapa alur yang harus dilalui untuk pengembalian setoran pelunasan Bipih bagi jamaah haji reguler.

"Jemaah haji mengajukan permohonan pengambilan setoran lunas Bipih secara tertulis dengan melampirkan bukti asli setoran Bipih, Fotocopi buku tabungan dan memperlihatkan aslinya, Fotocopi E-KTP dan memperlihatkan aslinya, serta nomor telepon calon jemaah haji," terangnya kepada Tribun, Jumat 11 Juni 2021.

Sepekan Pembatalan Pemberangkatan Calon Jamaah Haji, Mirad: Dua Orang Tarik Setoran Dana Haji

Setelah itu kata Mi'rad petugas akan melakukan verifikasi dan validasi dan dokumen serta konfirmasi pada aplikasi Siskohat.

"Kakankemenag Kabupaten/Kota akan menyampaikan surat pengajuan pengembalian setoran Bipih ke Ditjen PHU Kemenag RI," katanya.

Selanjutnya kata Mi'rad, surat pengajuan yang telah diserahkan Kakankemenag Kabupaten/Kota, akan diperiksa lagi oleh Ditjen PHU.

"Selanjutnya Dirjen DN menyampaikan surat pengajuan pengembalian setoran Bipih ke Kepala BPKH," ungkapnya.

Lebih lanjut kata Mi'rad, proses selanjutnya yakni setelah surat pengajuan dari Dirjen DN, maka petugas BPKH juga akan melakukan verifikasi data.

"Selanjutnya petugas BPKH akan menerbitkan SPM sesuai nilai pembayaran Bipih ke BPS Bipih," katanya.

Setalah petugas BPS Bipih menerima SPM dari BPKH, maka petugas BPS Bipih akan melakukan transfer setoran pelunasan Bipih ke rekening jemaah.

"Selanjutnya petugas akan melakukan konfirmasi pengembalian setoran pelunasan pada aplikasi Siskohat," tutupnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Mempawah)

Penulis: Ramadhan
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved