Breaking News:

Ikut Program Menyulam Kalengkang, Ibrahim Ingin Padukan Teknik Sulam Kalengkang Dengan Tanjak

Dikatakan Ibrahim, Tujuan utamanya ikut program ini ialah agar dapat membagi pengetahuan menyulam Kalengkang yang merupakan satu diantara seni khas Po

Penulis: Ferryanto
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ibrahim, Satu diantara peserta Menyulam Kalengkang yang digelar museum Provinsi Kalbar. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Museum Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan program Menyulam Kalengkang yang merupakan kain khas Pontianak.

Kalengkang sendiri merupakan kain bermotif sulaman dengan benang khas yakni Benang Kalengkang yang memiliki warga kuning emas, kain ini merupakan ciri khas masyarakat Pontianak, yang biasa digunakan oleh kalangan Kesultanan Pontianak.

Ibrahim, Satu diantara peserta Menyulam Kalengkang mengantakan bahwa menyulam Kalengkang memang membutuhkan konsentrasi dan kesabaran yang tinggi, bentuk benang yang pipih dan mudah kusut membuat pengerjaan sulam tidak seperti menggunakan benang biasa.

Dikatakan Ibrahim, Tujuan utamanya ikut program ini ialah agar dapat membagi pengetahuan menyulam Kalengkang yang merupakan satu diantara seni khas Pontianak kepada anak dan cucunya, dengan harapan nantinya anak dan cucunya tetap dapat mengenal budaya khas Pontianak.

Penyulam Kalengkang Sudah Langka, Syarifah Aisyah Asegaf Harap Kalengkang Lestari Kembali

Walaupun cukup kesulitan dalam menyulam Kalengkang karena benang Kalengkang memerlukan perlakuan khusus, ia mengaku sangat menikmati proses menyulam Kalengkang.

"Walaupun bentuknya sederhana, namun pengerjaannya sulit ternyata, dan proses inilah yang ingin saya bagi kepada anak nanti, agar mereka tahu dan ikut melestarikan ini,"Tutur ayah dua anak ini.

Ibrahim yang merupakan karyawan swasta inipun tertarik belajar menyulam Kalengkang ini dengan harapan dapat memadukan teknik sulam dengan teknik pembuatan tanjak yang sudah ia tekuni beberapa waktu lalu.

",Saya dirumah juga buat Tanjak, saya juga sempat berfikir mungkin teknik membuat tanjak juga bisa kombinasi dengan menyulam Kalengkang ini, atau pun sulam Kalengkang ini bisa di kombinasikan untuk kesenian yang lain,"tuturnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved