Breaking News:

Dalam Sepekan, Tiga Warga di Desa Parit Baru Positif Covid-19 Meninggal Dunia

Kami berharap selain 10 orang yang sudah terkonfirmasi ini, tidak ada lagi warga Desa Parit Baru, khususnya di RT03/RW11 ini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Pemerintah Desa Parit Baru saat melakukan tracing dan pengambilan Swab PCR bagi seluruh warga RT03/RW11 Dusun Lestari, pada Kamis 9 Juni 2021 kemarin. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Dalam sepekan terakhir, sebanyak tiga warga di RT03/RW11 Dusun Lestari, Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia, pada Jumat 11 Juni 2021.

Bahkan disampaikan oleh Kepala Desa Parit Baru Musa Abdul Hamid bahwa, dari tiga warga tersebut, terdapat beberapa warga lainnya yang juga saat ini dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

“Dalam rentang waktu satu minggu belakangan ini ada 10 warga yang terkonfirmasi Covid-19 tersebut, tiga orang diantaranya meninggal dunia dengan usia rata-rata 60 tahun ke atas," ujar Musa Abdul Hamid.

Musa menilai, terjadinya lonjakan penyebaran Covid-19 di desanya itupun, disebabkan masih adanya oknum masyarakat yang lalai terhadap protokol kesehatan. Bahkan beberapa diantaranya pula masih tidak percaya adanya virus tersebut.

Polres Kubu Raya Perketat Patroli Selama PPKM Mikro, Kapolres: Banyak Anak Muda Masih Suka Nongkrong

“Kalau berpikiran Covid-19 ini benar dan nyata masih lebih mudah kami berikan edukasi, peringatan untuk meningkatkan kesadaran diri dalam disiplin terhadap protokol kesehatannya. Tetapi bagi beberapa oknum warga ini yang masih belum percaya terhadap Covid-19 ini, kami perlu kerja ekstra untuk terus mengedukasi, atau memberikan pemahaman sehingga mereka benar-benar mengikuti dan berupaya bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, agar penyebaran tersebut tidak semakin meluas. Pada Kamis (10/9) kemarin pula pihak Pemerintah Desa Parit Baru telah menggelar pengambilan swab PCR dan melakukan tracing bagi seluruh warga RT03/RW11 Dusun Lestari tersebut.

"Kami berharap selain 10 orang yang sudah terkonfirmasi ini, tidak ada lagi warga Desa Parit Baru, khususnya di RT03/RW11 ini yang terkonfirmasi Covid-19," terangnya.

"Kalaupun pada akhir dari hasil swab PCR nanti diketahui masih ada warga yang terpapar atau terkonfirmasi Covid-19, maka kami siap melakukan lock down khususnya di RT03/RW 11 Dusun Lestari ini dan mengoptimalkan penerapan PPKM mikro di tingkat desa,” sambungnya.

Hingga saat inipula, pihak Pemerintah Desa bersama Satgas Covid-19 tingkat desa dan dibantu TNI/Polri melakukan penanganan di lapangan.

“Kalau memang ada laporan dari warga, di titik mana saja yang perlu dilakuakan sterilisasi seperti disemprot disinfektan, maka kami akan cepat kami tindak lanjuti bersama tim di lapangan termasuk memfasilitasi vaksinasi Covid-19 bagi warga khususnya para lansia," terangnya.

“Silahkan sampaikan jika ada warga yang baru pulang bepergian jauh atau ada yang mengentahui tetangganya mengalami gejala-gejala yang menjurus ke Covid-19, dengan adanya peran serta dari masyarakat untuk menyampaikan beragam informasi terkait potensi penyebaran Covid-19 maka akan membantu kami bisa bergerak lebih cepat untuk melakukan antisipasi dan penindakan yang efektif di lapangan,” imbuhnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kubu Raya)

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved