Breaking News:

Genangan Air di Pontianak, Yandi : Jangan Ada Kesan Dari Alam Lalu Kita Pasrah

Dulu itu sudah sering disampaikan dan setiap kali kita sudah tahu, baik musim hujan, air pasang, apapun namanya, intinya kita sudah siap

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ridho
Anggota DPRD Kota Pontianak, Yandi. DHO 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Anggota DPRD Kota Pontianak, Yandi berharap ada solusi terbaik untuk penanganan dan pencegahan banjir ataupun genangan di Kota Pontianak.

Menurut politisi Hanura ini, banjir ataupun genangan bukanlah hal baru. Mestinya peristiwa ini dapat diminimalisir dan bukan pasrah pada alam.

"Saya minta kepada PUPR yang khusus ya, untuk dipetakan, dilihat tu mana-mana, inikan bukan baru terjadi, dari dulu, kan pemkot harusnya sudah punya cara menangani hal ini," katanya, Kamis 10 Juni 2021.

"Dulu itu sudah sering disampaikan dan setiap kali kita sudah tahu, baik musim hujan, air pasang, apapun namanya, intinya kita sudah siap mempersiapkan segala sesuatu, baik infrastruktur maupun penganggaran terkait ini," tambahnya.

Akibat Hujan Deras Berdurasi Lama, Warga Sebut Banjir Setinggi Lutut di Jalan Purnama Pontianak

Menurut Yandi, karena banjir ataupun genangan ini berdampak pada perekonomian dan aktivitas masyarakat.

"Sangat disayangkan dan kasian kepada teman-teman yang rumahnya kebanjiran, aktivitas terganggu, semua harua dihitung kerugiannya banyak juga, tidak sedikit. Sehingga karena zonasi tempat hanya tertentu, seharusnya bisa diselesaikan, difokuskan pada titik-titik yang menyebabkan, jadi jangan ada kesan ini dari alam lalu kita pasrah menerimanya, kan kita diberi kemampuan untuk berfikir dan berstrategi, mestinya bisa di implementasikan dengan baik," paparnya.

Padahal, kata Yandi, anggaran yang disiapkan untuk banjir ataupun genangan ini tidak sedikit dan bahkan mencapai milyiaran.

"Kita ada anggaran penanganan misalnya perawatan dan pemeliharaan saluran berkala, saluran yang kemudian secara rutin, anggaran tidak sedikit, anggarannya bermilyiar-milyiar, tapi apa dampak dan hasilnya? Kita selalu mendukung kok pengajuan anggaran berkaitan dengan kepentingan masyarakat, tapikan masih terjadi terus, artinya cara mengevaluasi dan menganalisa belum maksimal, maka kita minta maksimal," pintanya.

Lebih lanjut, ia pun berharap agar peristiwa banjir ataupun genangan ini tidak kembali terulang dan segera teratasi.

"Kalau saya akhirnya berdoa saja agar semua yang berkepentingan secara sadar, secara benar mengelola ini dan jangan sampai sering kita seolah-olah bukan human eror, kalau dipilih benar-benar yang mau mengerjakannya saya kira akan cepat dan tepat bisa ditangani bersama, kita pahami ada faktor-faktor lain, tapi bukan berarti itu membenarkan boleh terjadi setiap saat," katanya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved