Breaking News:

Pemkab Landak dan Cu Pancur Kasih Bekerja Sama Membina Penangkaran Benih Padi Unggul

Saya berharap Gapoktan Bosdatan untuk selalu bekerja sama dalam melaksanakan penangkaran benih padi ini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Acara tanam perdana penangkaran benih padi varietas Cakrabuana Agritan Benih Pokok (BP) di Gabungan Kelompok Tani Bosdatan Binaan KSP CU Pancur kasih TP Jelimpo di Dusun Selaba, Desa Dara Itam 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak diwakili Kasi TPH Mukiang, menghadiri acara tanam perdana penangkaran benih padi varietas Cakrabuana Agritan Benih Pokok (BP) di Gabungan Kelompok Tani Bosdatan Binaan KSP CU Pancur kasih TP Jelimpo di Dusun Selaba, Desa Dara Itam, Kecamatan Jelimpo pada Selasa 8 Juni 2021.

Turut hadir dalam tanaman perdana ini Pengurus KSP CU Pancur Kasih, Pengawas Benih Kabupaten Landak, Kepala BP2K Jelimpo beserta penyuluh, POPT Jelimpo, Kepala Balai Benih Hortikultura Landak, perwakilan Camat Jelimpo, Kades Dara Itam, Kades Pawis Hilir, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Jelimpo serta anggota Gapoktan Bosdatan.

Dalam kesempatan ini Kasi TPH Mukiang menyampaikan bahwa tanam perdana penangkaran benih padi yang dilaksanakan hari ini diharapkan bukan hanya sekedar acara seremonial saja, namun lebih dari itu untuk upaya alih tekhnologi bagi masyarakat dan petani guna merubah pola pikir dan sikap kerja yang produktif disertai Inovasi baru untuk meningkatkan produktifitas dan ketersediaan benih padi unggul.

"Saya ingatkan bahwa menjadi penangkar benih padi unggul tidak sama dengan kita menanam padi untuk dikonsumsi, maka dari itu ke uletan, ketelatenan dan pengetahuan tentang penangkaran benih harus di kuasai terlebih dahulu. Saya berharap Gapoktan Bosdatan untuk selalu bekerja sama dalam melaksanakan penangkaran benih padi ini," ujar Mukiang dikonfirmasi pada Rabu 9 Juni 2021.

Bupati Karolin Apresiasi Desa Amboyo Inti Berikan Tempat Cuci Tangan untuk Tempat Ibadah

Sementara itu Manager KSP CU Pancur Kasih TP Jelimpo Pulgensius mengatakan bahwa melalui kegiatan penangkaran benih ini dirinya berharap kesejahteraan anggota CU Pancur Kasih dapat meninggkat, anggota dapat memproduksi benih padi unggul sendiri dan menjual langsung sehingga memperoleh hasil maksimal untuk menambah pendapatan petani/anggota CU Pancur Kasih.

"Kegiatan penangkaran benih padi cakrabuana agritan oleh gapoktan bosdatan binaan ksp cu pancur kasih tp jelimpo merupakan hal baru, sehingga perlu dikawal dari awal hingga akhir dan kami sangat mengharapkan intansi terkait khususnya DPPKP Kabupaten Landak untuk terus mendampingi petani binaan ini, sehingga tujuan produksi benih ini dapat berjalan hingga pemasaran hasil benih yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan petani penangkar benih atau anggota cu pancur kasih," jelas Pulgensius.

Ditempat yang sama Kades Dara Itam Ardi Mengapresiasi langkah gabungan kelompok tani Bosdatan binaan KSP CU Pancur Kasih TP Jelimpo yang menjadi penangkar benih padi unggul di desa dara Itam. Dirinya juga meminta kepada pemerintah daerah kabupaten Landak khususnya DPPKP Kabupaten Landak untuk terus mendampingi kelompok tani di desanya agar kedepanya desa dara Itam dapat menjadi lumbung padi dan menjadi produsen benih padi unggul.

"Selain itu saya juga Berharap kepada seluruh kelompok tani yang ada didesa dara Itam mengikuti jejak langkah Gapoktan Bosdatan Binaan KSP CU Pancur Kasih, yang saat ini memulai langkah baru untuk memproduksi benih padi unggul sendiri. Pesan saya kepada Gapoktan Bosdatan untuk terus kompak dan kerja sama yang baik dalam menjalankan program ini," tukas Ardi. (*)

(Simak berita terbaru dari Landak)

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved