Breaking News:

Lomba Science Experiment Contest, Buat Video Menarik dan Menangkan Hadiah Jutaan Rupiah

Drs. R Teguh Septo Prijadi menjelaskan tujuan utama lomba ini dilaksanakan ialah untuk menarik minat para pelajar dalam ilmu pengetahuan.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ferryanto
1 - 4 .Kepala UPT Pusat Iptek dan Bahasa Kota Pontianak, Drs. R Teguh Septo Prijadi saat tunjukan sejumlah alat peraga di kantor UPT Pusat Iptek dan Bahasa Kota Pontianak, Rabu 9 Juni 2021. Tribun Pontianak Ferryanto. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, melalui UPT Pusat Iptek dan Bahasa Kota Pontianak menyelenggarakan perlombaan Science Experiment bertajuk Explore Science At Home bagi pelajar tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Pontianak.

Dikarenakan Pandemi Covid 19 yang melanda dunia belum berakhir, perlombaan ini akan dilaksanakan secara Daring

Dimana setiap peserta membuat Vidio Eksperimen sience yang menarik dirumah masing - masing untuk diperlombakan, sesuai jenjang pendidikan dan kurikulum sekolah masing masing.

Kepala UPT Pusat Iptek dan Bahasa Kota Pontianak, Drs. R Teguh Septo Prijadi menjelaskan, tujuan utama lomba ini dilaksanakan ialah untuk menarik minat para pelajar dalam ilmu pengetahuan.

Terapkan Pengetatan PPKM Mikro Guna Tekan Kasus Corona, Kapolresta Pontianak Harap Masyarakat Patuh

Dalam materi perlombaan, ia menyampaikan peserta dapat mengeksplorasi berbagai bahan - bahan sederhana yang ada dirumah untuk dilakukan pecobaan ilmu pengetahuan atau digunakan sebagai experimen.

Ia mencontohkan, tepung dalam keadaan padat tidak dapat dibakar, namun ketika tepung itu ditiupkan ke api yang menyala, maka tepung itu akan terbakar, hal tersebut menunjukan, bahwa tepung atau benda yang terdiri dari partikel - partikel kecil itu sangat mudah terbakar.

"Jadi kalau dirumah jangan bermain tepung di dekat Api, karena dia akan mudah terbakar, dan ini contoh paling mudah dalam sience dirumah ya, kalau mau uji coba, jangan didalma ruangan ya, tapi ditempat terbuk,"pesannya.

Persyaratan perlombaan sendiri sangat mudah, yakni peserta merupakan siswa siswi dari Sekolah Dasar /Madrasah ibtidaiyah, Kelas 4 hingga 6, Sekolah Menengah Pertama (SMP) / MTs (Madrasah Tsanawiyah) kelas 7 hingga 9, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) / MA (Madrasah Aliyah) Kelas 10 hingga 12.

Peserta terdiri dari tim yang terdiri dari 2 hingga 3 siswa dengan 1 guru pembimbing, dan tidak ada batasan untuk tim dari tiap sekolah, serta satu guru pembimbing boleh membimbing lebih dari 1 tim.

Dalam perlombaan experimennya, Teguh menjelaskan bahwa tiap peserta harus menyesuaikan dengan kurikulum jenjang sekolah masing - masing, tidak diperkenankan melakukan Experiment diluar jenjang Sekolahnya.

Halaman
123
Penulis: Ferryanto
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved