Breaking News:

Kasus Covid-19 Meningkat, Ahli Epidemiologi Sarankan Dua Strategi Agar Masyarakat Disiplin Prokes

Bahkan kasus kematian juga dikatakannya terjadi peningkatan dan lebih dari 75 persen tempat tidur pasien covid-19 di Rumah Sakit sudah terisi pasien c

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ Muhammad Rokib
Ketua tim kajian Covid-19 sekaligus ahli epidemologi Poltekkes Kemenkes Pontianak, Dr. Malik Saepudin, SKM.,M.Kes. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- Ahli Epidemiologi sekaligus ketua tim kajian ilmiah Covid-19 Poltekkes Kemenkes Pontianak dan Ketua Muhmamadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kalimantan Barat, Dr. Malik Saepudin SKM,M.Kes menyampaikan, bahwa informasi kenaikan kasus Covid pada tiga bulan terakhir kasus Covid-19 di Indonesia dan Kalbar rata-rata perhari lebih dari 100 kasus.

Bahkan kasus kematian juga dikatakannya terjadi peningkatan dan lebih dari 75 persen tempat tidur pasien covid-19 di Rumah Sakit sudah terisi pasien covid-19. 

Satu di antar faktor utama penyebab peningkatan penularan Covid-19 menurut sebagian besar para ahli dikarenakan longgarnya pelaksanaan Protokol Kesehatan pada masyarakat, terutama pada tiga bulan terakhir yakni dua bulan sebelum dan satu bulan pasca libur lebaran.

"Buktinya sangat jelas bahwa SARS CoV2 ini masuk dan ditularkan dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi kepada orang lain yang rentan sebelum mereka mengalami gejala," jelas Malik.

(Update Informasi Seputar Kota Pontianak)

Pada awalnya virus menyebar melalui membran mukosa, dari hidung dan berkembang sampai ke paru-paru, terus masuk ke dalam darah dan berlanjut ke seluruh organ tubuh seperti saluran pencernaan, jantung, ginjal, hati dan bisa menyebabkan kerusakan langsung pada organ tubuh tersebut.

"Saat sistem imunitas tubuh tengah berperang keras melawan virus, organ-organ tubuh ini dapat mengalami kegagalan fungsi," tambah Malik.

Bertitik tolak dari organ tubuh utama sebagai jalan masuk dan keluarnya virus yaitu hidung dan mulut sebagai sumber utama penyebaran, maka pemakaian masker medis dapat mencegah terjadinya penularan pada diri sendiri dan kepada orang lain.

Sebagaimana rekomendasi WHO, bahwa penggunaan masker medis dapat menekan laju penularan virus Covid-19 hingga 75 persen.

"Oleh karenanya sangat ditekankan kepada semua penduduk yang berada pada suatu wilayah dengan penyebaran Covid-19 secara meluas, tetapi tidak ada jaminan masyarakat dapat menjaga jarak setidaknya satu meter dari orang lain dan melakukan prokes lainnya dengan baik," ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved