Breaking News:

Gerhana Matahari Cincin (GMC) Kamis 10 Juni 2021 Apakah dapat Disaksikan Juga di Indonesia?

Hal ini lantaran bulan berada cukup jauh dan tampak kecil dari bumi, sehingga tak bisa menghalangi seluruh permukaan matahari.

BMKG
Potret Gerhana Matahari Cincin (GMC). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Fenomena alam bernama Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan kembali terlihat pada Kamis 10 Juni 2021.

Fenomena GMC kali ini menjadi yang pertama pada tahun 2021.

GMC terjadi saat bulan menutupi pusat matahari dan membentuk serupa cincin.

Hal ini lantaran bulan berada cukup jauh dan tampak kecil dari bumi, sehingga tak bisa menghalangi seluruh permukaan matahari.

Gerhana matahari cincin ini akan dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada), serta kawasan Siberia (Rusia).

Jam Berapa Sholat Gerhana Matahari Cincin? Doa dan Tata Cara Sholat Kusuf Kamis 10 Juli 2021

Apakah dapat disaksikan juga di Indonesia?

Daftarkan email Penjelasan Lapan Peneliti Pusat Antariksa (Pusainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emmanuel Sungging menjelaskan terkait fenomena GMC ini.

Ia mengatakan, fenomena gerhana matahari cincin yang terjadi beberapa hari mendatang tidak bisa diamati dari wilayah Indonesia.

"Tidak bisa (diamati di wilayah Indonesia). Hanya bisa dinikmati dari wilayah kutub utara," kata Sungging saat dihubungi Kompas.com, Sabtu 5 Juni 2021.

Melansir laman Lapan, GMC pada 10 Juni 2021 akan dimulai pukul 13.42 IST (Indian Standard Time), yang akan terlihat hingga 18.41 IST.

Halaman
1234
Editor: Marlen Sitinjak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved