Breaking News:

Bunga Bangkai Langka Tumbuh dan Mulai Mekar di kawasan Arboretum Sylva Untan

bunga langka ini sudah tumbuh di kawasan Arboretum selama sepekan terakhir, dan sudah tiga hari bunga itu mulai mekar.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ferryanto
Bunga Bangkai jenis Amorphophallus Peoniifolius yang tumbuh di kawasan Arboretum Sylva Universitas Tanjungpura Pontianak, Selasa 8 Juni 2021. Tribun Pontianak Ferryanto. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bunga Bangkai langka tumbuh di kawasan Arboretum Sylva Universitas Tanjungpura Pontianak.

Bunga bangkai yang berjenis Amorphophallus Peoniifolius itu tumbuh di bagian belakang arboretum Sylva universitas Tanjungpura.

Berukuran dengan tinggi sekira 30 cm, dan lebar 20 cm, bunga bangkai itu terlihat indah diantara tanaman lain.

Dengan mahkota berbentuk lonjong berwarna merah keunguan, serta bagian kelopak yang berwarna hijau muda, tanaman ini tampak cantik diantara sinar matahari yang yang menembus rerimbunan pohon.

Baca juga: Video Viral Satpol PP Hancurkan Ukulele Pengamen, Ini Penjelasan Kasatpol PP Pontianak

Bunga ini memiliki mahkota yang mengandung pigmen antosianin yang menimbulkan warna merah jambu hingga ungu di mahkotanya ketika sudah mekar.

Tangkai daun bertekstur lunak dan berwarna hijau muda atau hijau tua.

Untuk aroma, bila disiang hari, aroma menyengat khas bangkai dari bunga ini tidak terlalu tercium.

Fahrul Rahimin, pengelola Arboretum Sylva Universitas Tanjungpura Pontianak menjelaskan, bahwa bunga langka ini sudah tumbuh di kawasan Arboretum selama sepekan terakhir, dan sudah tiga hari bunga itu mulai mekar.

Diprediksi beberapa hari lagi bunga langka itu akan mati, karena waktu hidup bunga bangkai memang hanya beberapa minggu.

Fahrul mengantakan, bunga bangkai ini merupakan tanaman yang sengaja di tanam dikawasan Arboretum untuk melestarikan tanaman khas Indonesia sekaligus guna bahan penelitian.

Halaman
12
Penulis: Ferryanto
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved