Breaking News:

Zainab Pastikan Penginputan Data Pemilih Sudah Diteliti dan Dicek

Terpisah, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Singkawang, Umar Faruq memastikan ia sebagai komisioner turun langsung untuk memantau

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Divisi Program dan Data KPU Kalbar, Zainab 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Divisi Program dan Data KPU Provinsi Kalbar, Zainab memastikan jika komisioner akan mengawasi penginputan data pemilih oleh operator.

Dipaparkanya, ada mekanisme dari penginputan data tersebut sehingga data yang keluar benar-benar sudah hasil diteliti.

"Pada prinsipnya secara teknis untuk pengelolaan data memang ada di operator, komisioner tetap menjalankan fungsi kontrolnya dengan mengecek dengan teliti data secara langsung sebelum di tetapkan atau di publikasikan baik terhadap perubahan data ataupun tidak," ujarnya, Senin 7 Juni 2021.

Terpisah, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Singkawang, Umar Faruq memastikan ia sebagai komisioner turun langsung untuk memantau dan memverifikasi data pemilih yang dimuat oleh operator.

Terlebih, terkait dengan data pemilih, bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, pasal 20 huruf (l), KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Cornelis Minta Urusan Daftar Pemilih Tidak Sepenuhnya Dipercayakan Pada Operator

Dalam praksisnya, kata dia, pengelolaan data pemilih ini, Ketua Divisi yang mengampu data pemilih di KPU dibantu Sub Koordinator dan jajaran termasuk operator. Dan pengelolaan data pemilih ini tanggungjawab di Divisi Data.

"Jika ada yang berharap urusan data pemilih ini tidak sepenuhnya dipercayakan pada operator, maka sesuai mekanisme kerja, kami di KPU mempedomani regulasi yang berlaku. Di mana di antara tugas Divisi Data dan Informasi itu yakni mengendalikan, memantau, supervisi, dan evaluasi. Ini sesuai dengan PKPU 8/2019 tentang tata kerja KPU.

Khususnya di Singkawang, pemeliharaan dan pemutakhiran data pemilih ini, dalam kegiatannya sebagai Ketua Divisi turun langsung, memantau dan ikut langsung dalam melakukan verifikasi data pemilih. Sehingga data pemilih ini benar-benar terverifikasi secara faktual dan valid," kata Umar, Senin 7 Juni 2021.

Selain itu, Umar pun memastikan jika untuk data ini dilakukan koordinasi dan rapat serta pembahasan yang berjenjang.

Dengan begitu, ia memastikan jika data yang sudah diinput merupakan data yang valid.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved