Breaking News:

Ansfridus Akui 13927 Ribu UMKM Se Kalbar Telah Miliki Izin Usaha

Data UMKM Se-Kalbar yang sudah memiliki izin 13.827 per 13 Mei 2021, sedangkan untuk pelaku usaha perbagian untuk skala Mikro sebanyak 166.688 ribu

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Foto Gubernur Sutarmidji bersama Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalbar, Ansfridus J Andjioe usai menghadiri menghadiri kegiatan Saprahan Khatulistiwa 2021, di Pendopo Kalbar, Senin 7 Juni 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalbar, Ansfridus J Andjioe mengatakan data per 13 Mei 2021 total UMKM di Kalbar yang sudah memiliki izin usaha sebanyak 13.827.

Hal itu disampaikannya usai menghadiri menghadiri kegiatan Saprahan Khatulistiwa 2021, semarak Pariwisara, UMKM dan Keuangan Khatulistiwa yang digelar oleh Bank Indonesia di Pendopo Kalbar, Senin 7 Juni 2021.

Ia mengatakan dengan semakin banyak instansi di Kalbar berkolaborasi untuk membangun dan mendukung UMKM di Kalbar. Maka akan semakin bagus dan meningkat pembangunan dari sektor UMKM yang ada.

“Kita tentunya ingin sekotr UMKM benar- benar mendukung nyata bahwa UMKM ada untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kalbar,”ujarnya.

Data UMKM Se-Kalbar yang sudah memiliki izin 13.827 per 13 Mei 2021, sedangkan untuk pelaku usaha perbagian untuk skala Mikro sebanyak 166.688 ribu, Mikro kecil 14.533 ribu, Usaha Menengah 1.486 ribu.

Baca juga: Viral! Anggota Satpol PP Pontianak Patahkan Ukulele Pengamen, Kasatpol PP Berikan Klarifikasi

“Jadi semuanya sudah terbagi. Jadi dari usaha perorangan biasanya akan meningkat menjadi usah kecil, lalu ke menangah. Tahun ini kita sudah mengadakan juga pelatihan untuk para pelaku UMKM,”jelasnya.

Sedangkan untuk di Kota Pontianak sendiri jumlah pelaku mikro sudah mencapai 38.695 ribu.

Ia berharap ditengah pandemi Covid-19 UMKM di Kalbar terus bangkit dsn berkembang.

“Saya harap mereka terus melakukan inovasi yang disesuaikan dengan kondisi sekarang ditengah pandemi Covid-19. Saya harap UMKM bisa secara nyata menyumbang perekonomian daerah,”pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved