Breaking News:

Tersus PT MSU Bongkar Muat Tak Sesuai Izin Peruntukan, Dewan Minta KSOP Tak Main-main

Saat dikonfirmasi, satu diantara pekerja bongkar muat di lokasi Tersus yang tidak mau disebutkan namanya membenarkan kalau aktivitas bongkar muat di T

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Aktivitas bongkar muat di Tersus milik PT Mega Sari Utama (MSU) yang terletak di Desa Sukabangun, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Aktivitas bongkar muat di sejumlah Terminal Khusus (Tersus) milik pelaku usaha di Ketapang diduga melakukan aktivitas bongkar muat yang tidak sesuai dengan izin usaha pokok atau peruntukannya.

Satu diantara Tersus yang diduga melakukan bongkar muat yang tidak sesuai izin usaha pokoknya yakni Tersus milik PT Mega Sari Utama (MSU) yang terletak di Desa Sukabangun, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Berdasarkan data dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ketapang, bahwa izin usaha pokok PT MSU hanya meliputi Perdagangan dan Distributor Semen.

Namun nyatanya, Tersus ini kerap melakukan pembongkaran barang-barang diluar izin mereka.

Saat dikonfirmasi, satu diantara pekerja bongkar muat di lokasi Tersus yang tidak mau disebutkan namanya membenarkan kalau aktivitas bongkar muat di Tersus tersebut bermacam-macam.

"Tersus ini sudah sembilan tahun beroperasi, yang dibongkar macam-macam, ada semen, batu, cangkang carnel, CPO, pupuk, sembako dan kadang-kadang pasir," katanya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Polres Ketapang Gelar Kegiatan BERADAP, Berbagi Santunan ke Pesantren dan Panti Asuhan

Ia mengaku, kalau dirinya tidak mengetahui apakah Tersus tersebut hanya memiliki izin bongkar muat perdagangan dan semen, lantaran dirinya hanya sebatas bekerja di tersus tersebut.

"Izinnya apa saja tidak tahu pasti, yang jelas sebagai pekerja saya berharap pengelola Tersus bisa memperhatikan aspek keselamatan kami," harapnya.

Sementara itu, pernyataan berlawanan disampaikan oleh Kepala KSOP Ketapang Nuriman dengan satu diantara stafnya Iswanto.

Saat diwawancarai beberapa waktu lalu, Iswanto mengaku kalau pembongkaran di Tersus harus disesuaikan dengan izin usaha pokoknya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved