Breaking News:

Pengamat Politik Untan Nilai Pemilu 2024 Akan Timbulkan Masalah, Mulai Soal DPT Hingga Pemerintahan

Jika dilihat dari penjadwalan pemilu serentak yang akan datang, yang menjadi permasalahan pertama saya lihat ialah penyelenggara pemilu.

IST / Yulius Yohanes
Pengamat Politik Untan, Dr. Yulius Yohanes . 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Politik Untan, Dr. Yulius Yohanes, M.Si menilai pemilu serentak 2024 akan dapat menimbulkan masalah, mulai dari DPT karena masa pandemi covid 19 ini hingga dengan pemerintahan karena banyak kepala daerah yang tidak definitif.

Berikut penuturannya.

Jika dilihat dari penjadwalan pemilu serentak yang akan datang, yang menjadi permasalahan pertama saya lihat ialah penyelenggara pemilu.

Problemnya ialah dihadapkan seperti kasus covid 19 berdampak pada data pemilih, selain itu juga anggaran yang tersedia menjadi masalah mengingat kondisi perekonomian dunia dan negara kita belum baik.

Baca juga: Pemilu 2024, KPU Provinsi Kalbar Tunggu Arahan KPU RI

Selain itu dari segi pemerintahan, dengan banyak yang di Pj atau Plt juga akan menjadi masalah. 

Ketika di Pj atau Pltkan, penyelenggaraan pemerintahan disuatu daerah tidak akan stabil, kebijakan yang strategis akan dilakukan oleh bukan kepala daerah definitif, sehingga yang dirugikan nantinya calon kepala daerah yang ikut pada pemilu 2024.

(Update Informasi Seputar Kota Pontianak)

Kita ketahui untuk Pj atau Plt mempunyai kewenangan yang terbatas, namun dinamika terus mengikuti perkembangan situasi seperti covid 19 ini yang banyak menggunakan anggaran.

Belum lagi janji politik anggota DPRD yang tidak bisa diselesaikan, kan juga akan menjadi masalah di masyarakat.

Seharusnya pemerintah bisa melihat kondisi yang perlu diperhatikan kedepan. Mestinya jangan hanya melihat dari satu sisi, juga harus dilihat dari sisi lainnya terkait dengan ini.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved