Breaking News:

Bantu Penyandang Thalasemia, Penasehat Komdas Kalbar Ajak Masyarakat Tak Takut Donor Darah

Menuju Peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Penasehat di Komunitas Darah Segar Kalimantan Barat, Windy Prihastari mengajak masyarakat untuk tidak taku

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Penasehat di Komunitas Darah Segar Kalimantan Barat, Windy Prihastari 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Hari Donor Darah Sedunia diperingati setiap tanggal 14 Juni oleh negara-negara di seluruh dunia.

Biasanya melalui Hari Donor Darah selalu dikampanyekan kepada masyarakat untuk mendoronorkan darah secara sukarela dan rutin. 

Menuju Peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Penasehat di Komunitas Darah Segar Kalimantan Barat, Windy Prihastari mengajak masyarakat untuk tidak takut donor darah. 

Baca juga: 215 Kader Golkar dan Berbagai Unsur Ikuti Donor Darah

“Saya mengajak masyarakat untuk tidak takut mendorongkan darah mereka secara rutin,”ujar Windy, Minggu 6 Juni 2021. 

Biasanya untuk giat donor darah dilaksanakan oleh PMI dan teman-teman komunitas yang ikut membantu mengkampanyekan manfaat donor darah.

Windy mengatakan biasanya sebelum donor darah seseorang akan diperiksa terlebih dahulu, tidak serta merta di suntik untuk diambil darahnya.

“Jadi sebelum mendonorkan darah kita akan diperiksa terlebih dahulu apakah kondisi kita sedang fit atau sesuai syarat untuk donor darah,”ujarnya.

Ia mengatakan darah yang didonorkan masyarakat tentu sangat bermanfaat dan diperlukan oleh orang yang membutuhkan. Diantaranya seperti penyandang Thalasemia yang rutin melakukan transfusi darah setiap bulannya.

Sebagai Ketua Perhimpunan Orangtua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI) Kalbar, Windy Prihastari mengatakan tentu stok darah yang ada di PMI sangat dibutuhkan oleh banyak orang membutuhkan.

“Jadi darah yang mereka donorkan juga berguna untuk anak-anak thalasemia di Kalbar. Jadi jangan pernah takut donor darah,” pungkasnya. (*)

(Update Informasi Seputar Kota Pontianak)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved