Breaking News:

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wako Pontianak Tebarkan 1000 Bibit Ikan di Sungai Kapuas

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memakai Caping ditengah teriknya matahari mengayuh sampan di Sungai Kapuas sembari menebarkan bibit ikan yang d

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wali Kota Pontianak saat menebar bibit ikan di sungai kapuas, dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia, di sungai Kapuas, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, 5 Juni 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia, pada Sabtu 5 Juni 2021. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menebar kurang lebih 1.000 bibit ikan endemik Sungai Kapuas, seperti ikan jelawat dan tengadak di Sungai Kapuas, tepatnya di Kampung Caping, Kelurahan Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Tampak terlihat, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memakai Caping ditengah teriknya matahari mengayuh sampan di Sungai Kapuas sembari menebarkan bibit ikan yang dibawanya itu.

"Penebaran bibit ikan ini sebagai upaya mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan, termasuk kebersihan sungai agar ekosistem sungai tetap terjaga," kata Edi Rusdi Kamtono.

"Kita ingin menyampaikan kepada masyarakat terutama yang berada di tepian Sungai Kapuas agar menjaga kebersihan sungai sehingga habitat ikan tetap terlindungi," tambahnya.

Baca juga: Sampah di Pontianak Capai 400 Ton Perhari, 30 Persen Sampah Plastik

Bahkan tidak hanya itu, Edi Rusdi Kamtono juga mengajak kepada masyarakat agar bersama-sama peduli untuk terus menjaga kualitas air sungai Kapuas maupun parit.

Salah satu, diantaranya ialah dengan tidak membuang sampah ke sungai dan parit.

"Karena Sungai Kapuas adalah sumber air baku PDAM Kota Pontianak yang digunakan sehari-hari, baik diminum dan lainnya. Jika kualitas air sungai baik, maka masyarakat yang menggunakan juga akan sehat," ujarnya.

Tidak hanya itu, dalam upaya menjaga lingkungan hidup tetap bersih dan nyaman, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, ia juga mengajak masyarakat untuk menggalakkan penanaman pohon dan membersihkan lingkungan secara rutin dalam upaya menjaga kelestarian alam. 

"Masyarakat diimbau untuk mengurangi atau bahkan meniadakan penggunaan kantong plastik. Kita juga mencoba mengedukasi masyarakat untuk bisa memilah dan mengelola sampah dengan baik," katanya.

Selain menebar bibit ikan, Wali Kota Edi Kamtono secara simbolis melakukan pembongkaran sebuah rumah di tepian Sungai Kapuas untuk penataan kawasan tersebut menjadi waterfront. Menurutnya, rumah-rumah yang akan dibongkar sebanyak sembilan rumah. 

"Dengan adanya waterfront di kawasan ini kita harapkan akan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar," pungkasnya. (*)

(Update Informasi Seputar Kota Pontianak)

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved