Breaking News:

Menilik Konservasi Restorasi Filologika, Proses Perawatan Khusus Naskah Kuno

Astheria Muryanti menjelaskan, tujuan utama dari restorasi ini ialah untuk menjaga serta melestarikan koleksi - koleksi bersejarah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ferryanto
Proses konservasi Restorasi koleksi Filologika (naskah kuno) di museum Provinsi Kalimantan Barat, Tribun Pontianak Ferryanto. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Agar Menjaga berbagai koleksi yang sudah memiliki usia puluhan hingga ratusan tahun tetap baik dan mampu bertahan hingga bertahun - tahun kedepan, Museum Provinsi Kalimantan Barat secara rutin melakukan program perawatan atau konservasi.

Satu diantara program konservasi yang dilakukan ialah Konservasi Koleksi Filologika (naskah kuno)

Konservator Museum Provinsi Kalbar Astheria Muryanti menjelaskan, tujuan utama dari restorasi ini ialah untuk menjaga serta melestarikan koleksi - koleksi bersejarah dan warisan budaya yang ada.

Ia mengatakan, pada proses perawatan atau konservasi setiap koleksi berbeda - beda.

Khusus untuk koleksi Filologika yang dalam bentuk naskah pada kertas, terdapat sejumlah langkah dan bahan khusus yang digunakan.

Baca juga: Di Rakornas Perpusnas, Gubernur Ganjar Pranowo Paparkan Strategi Pembangunan Perpustakaan di Jateng

Pertama, koleksi yang akan dilakukan untuk proses konservasi akan didata terlebih dahulu.

Lalu, Koleksi Filologika yang berupa buku akan di buka lembaran demi lembarannya setelah dibersihkan dari debu dengan menggunakan kuas secara perlahan-lahan.

Proses konservasi Restorasi koleksi Filologika (naskah kuno) di museum Provinsi Kalimantan Barat, Tribun Pontianak Ferryanto.
Proses konservasi Restorasi koleksi Filologika (naskah kuno) di museum Provinsi Kalimantan Barat, Tribun Pontianak Ferryanto. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ferryanto)

Kemudian, tiap lembaran naskah itu akan diletakkan di atas plastik Astralon, Kemudian lembaran naskah itu akan di lapisi dengan tisu Jepang.

Selanjutnya, naskah itu akan di semprot dengan cairan MgCO3 lalu di olesi dengan lem MC,Berulah setelah itu naskah dikeringkan.

Setelah proses pengeringan yang membutuhkan waktu beberapa jam, maka akan dilakukan pemotongan sesuai bentuk naskah diawal.

Halaman
12
Penulis: Ferryanto
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved