Breaking News:

BMKG Kalbar Deteksi Sinyal Gempa Bumi di Kabupaten Landak, 290 Kali Gempa Terjadi di Kalimantan

Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak Nanang Buchori pada rilisnya menyampaikan, dari hasil monitoring alat pendeteksi gempa menunjukkan adanya

Penulis: Ferryanto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Ilustrasi Gempa 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kalimantan Barat mendeteksi adanya sinyal gempa bumi yang terjadi di Desa Jelimpo dan Mandor Kiru, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat Pada Kamis 3 Juni 2021 malam.

Sebelumnya, pihak BMKG menerima laporan dari masyarakat di dua desa tersebut bahwa mereka merasakan getaran pada sekira pukul 22.00 WIB.

Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak Nanang Buchori pada rilisnya menyampaikan, dari hasil monitoring alat pendeteksi gempa menunjukkan adanya sinyal gempa bumi yang sangat lokal terjadi.

Sinyal tersebut, terdeteksi melalui stasiun SSKI  Singkawang Pada pukul 22.00 WIB hingga 22.01.30 WIB.

Baca juga: Gempa 8,5 SR dan Tsunami Dipastikan Informasi yang Salah! BMKG: Mohon Maaf Sistem Kami Error

"Dikarenakan sinyal tersebut hanya tercatat pada satu stasiun saja, maka sinyal tersebut tidak dapat dianalisa lebih lanjut terkait Besar magnitude dan tepat lokasinya,"ujarnya.

Untuk stasiun terdekat, dikatakannya terdapat di Kabupaten Sintang, dan Manga Tayap Kabupaten Ketapang.

Lebih jauh, kurang rapatnya jarak antara stasiun pendeteksi gempa bumi menjadi penyebab tidak tercatatnya gempa bumi di Kalimantan Barat 

Sebelumnya, sebelum tahun 2005, hanya terjadi 96 kejadian di Kalimantan, namun setelah dilakukan pemasangan instalasi jaringan seismik sebanyak 11 sensor di Kalimantan pada tahun 2005, terjadi peningkatan catatan aktivitas gempa bumi di Kalimantan.

Hingga tahun 2014, aktivitas gempa bumi yang terjadi di Kalimantan tercatat Sebanyak 290 kali.

Hal tersebut menunjukkan, sedikitnya catatan gempa bumi di Kalimantan terjadi kerana di Kalimantan belum terdapat jaringan sensor seismik 

Di Kalimantan, terdapat satu stasiun khusus untuk memonitoring aktivitas gempa bumi yakni Stasiun Geofisika di Balikpapan,

Atas terjadinya gempa tersebut, pihaknya menghimbau untuk tetap tenang, untuk menghindari kesimpangsiuran Informasi, diharap masyarakat dapat mengakses situs resmi BMKG di www.bmlg.go.id. (*)

(Informasi Seputar Kabupaten Landak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved