Breaking News:

400 Ton Sampah Setiap Hari, Kadis DLH Sebut 75 Persen dari Rumah Tangga

Ada yang ke Bank sampah, ada yang ke budidaya maggot, ke pusat daur ulang sampah, pemulung, komposting di rumah tangga dan lain sebagainya

TRIBUNPONTIANAK/Muhammad Rokib
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak, Saptiko. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak, Saptiko menyampaikan, memang benar, bahwa jumlah sampah di Kota Pontianak setiap harinya mencapai hingga 400 ton.

Dari jumlah tersebut, Kadis DLH mengungkapkan, bahwa jumlah lebih besar yakni 75 persen dari jumlah 400 ton adalah sampah dari rumah tangga.

"Sebagian besar sampah dari rumah tangga, sekitar 75 persen," ujarnya, 5 Juni 2021.

Dari sekian banyaknya sampah itu, Saptiko menerangkan, bahwa ada sebagian yang di daur ulang.

Baca juga: Sampah di Pontianak Capai 400 Ton Perhari, 30 Persen Sampah Plastik

"Ada yang ke Bank sampah, ada yang ke budidaya maggot, ke pusat daur ulang sampah, pemulung, komposting di rumah tangga dan lain sebagainya, baru sisanya ke TPA," kata Saptiko.

Dihari Lingkungan Hidup Sedunia ini, Saptiko mengajak, masyarakat kota Pontianak agar bersama-sama menjaga kebersihan, salah satunya ialah tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai.

"Kita terus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan kita sudah ada peraturannya. Selain itu, meningkatkan masyarakat melalui Bank Sampah untuk melakukan daur ulang plastik, mencari teknologi daur ulang plastik dan bekerja sama dengan pihak swasta untuk daur ulang sampah plastik," jelasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved