Breaking News:

Sintang Zona Kuning, Bupati Jarot Tegaskan Akan Perhatikan PPKM Tingkat Desa

"Melawi juga tertolong karena kita cegat di sepulut. Sehingga orang yang positif iti tidak bisa masuk. Sebagian isolasi masuk ke rusunawa, sebagian la

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Sintang, Jarot Winarno, 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Tingkat resiko kenaikan kasus Covid-19 di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, mengalami penurunan. Setelah sempat berada di zona orang, kini sudah turun menjadi zona kuning atau resiko rendah berdasarkan data yang dirilis Dinkes Kalbar per tanggal 30 Mei 2021.

"Sekarang kita sudah masuk zona kuning atau resiko rendah, bukan lagi orange. Kabupaten Melawi yang zona merah," kata Bupati Sintang, Jarot Winarno, Kamis 3 Juni 2021.

Menurut Jarot, penurunan kasus ini ada fakfor dari hasil penyekatan yang dilakukan di Sepulut, Kecamatan Sepauk, beberapa waktu lalu selama 26 hari. Sehingga, warga yang akan masuk Sintang positif swab antigen bisa cepat terdeteksi dan segera diisolasi.

"Melawi juga tertolong karena kita cegat di sepulut. Sehingga orang yang positif iti tidak bisa masuk. Sebagian isolasi masuk ke rusunawa, sebagian lagi kita kembalikan, 40 lebih kita pulangkan ke daerah asalnya," ungkap Jarot.

Baca juga: Launching Keramba Humaniora, Bupati Jarot Ajak Masyarakat Perbanyak Budidaya Ikan

Selama 26 hari posko beroperasi, petugas menghentikan dan memeriksa 3. 961 unit kendaraan roda dua dan roda empat, melakukan tes swab antigen terhadap 6. 653 orang dengan hasil 6. 484 orang negatif dan 169 positif terinfeksi covid-19.

Dari 169 orang yang positif terjaring di posko sepulut, sebanyak 141 orang merupakan warga Kabupaten Sintang dan sudah dikarantina di rumah susun RSUD AM Djoen Sintang, ada juga yang dilakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan ketat petugas medis.

"Dengan pos sepulut sudah dicabut tentunya perhatian kita pada PPKM mikro," jelas Jarot. (*)

(Simak berita terbaru dari Sintang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved