Breaking News:

Nilai KPK DiLemahkan, GERTAK Gelar Aksi Tuntut 4 Hal

Jim Abraham, Korlap (Koordinator Lapangan) mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah satu di antara beberapa institusi pendukung demokrasi.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Aksi Gerakan Anti Korupsi (Gertak) Kalimantan Barat (Kalbar) di bundaran Digulis Pontianak menuntut agar KPK tidak dilemahkan dan kembali fokus memberantas korupsi, Kamis 3 Juni 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Puluhan orang yang tergabung dalam Gerakan Anti Korupsi (Gertak) Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar aksi di Bundaran Digulis Pontianak, Kamis 3 Mei 2021.

Dengan membawa berbagai poster tulisan dan gambar, para peserta aksi menilai bahwa saat ini ada upaya melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Satu persatu peserta aksi menyampaikan orasinya dengan menggunakan pengeras suara.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak dan mengenakan masker, pelaksanaan aksi ini berjalan kondusif.

Jim Abraham, Korlap (Koordinator Lapangan) mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah satu di antara beberapa institusi pendukung demokrasi. KPK menjalankan peran penting amanat Reformasi, yakni memberantas korupsi agar mampu mengurangi pemiskinan secara fisik dan moral bangsa Indonesia.

Namun, saat ini pihaknya menilai upaya pemberantasan korupsi oleh KPK terus menerus mengalami upaya pelemahan melalui jalur eksternal dan internal KPK.

Baca juga: ICW Desak Kapolri Pecat Firli Bahuri yang Kini Menjabat Ketua KPK RI , Ini Respons Kadiv Humas Polri

Ia memaparkan terdapat 4 hal yang menjadi point utama pada aksi mereka.

Pertama, pihaknya menolak segala bentuk pelemahan KPK melalui cara internal maupun eksternal.

dinilainya, Segala bentuk pelemahan terhadap KPK melalui cara internal dan eksternal, akan memukul mundur upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Kami meminta ketua KPK untuk menghentikan Polemik di internal KPK, dan memfokuskan pemberantasan kasus kasus korupsi di Indonesia,"ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Ferryanto
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved