Breaking News:

Gelar Saprahan Khatulistiwa, Upaya Bank Indonesia Dorong Pariwisata dan UMKM Kalbar Kembali Bangkit

dorong pemulihan ekonomi bagi UMKM dan sektor pariwisata yang terdampak pandemic Covid-19, antara lain melalui peningkatan kelembagaan

Penulis: Nina Soraya | Editor: Nina Soraya
TRIBUN PONTIANAK/NINA SORAYA
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat Agus Chusaini memberikan keterangan terkait event Saprahan Khatulistiwa atau Semarak Pariwisata, UMKM dan Keuangan Khatulistiwa pada Kamis 3 Juni 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bank Indonesia akan menggelar Saprahan Khatulistiwa atau Semarak Pariwisata, UMKM dan Keuangan Khatulistiwa pada Juni 2021 ini. 

Kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi Bank Indonesia dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi program antara Bank Indonesia bersama Pemerintah Daerah, Dekranasda se Kalimantan Barat serta pelaku industri sektor keuangan di Kalimantan Barat.

Pentas Literasi, Bank Indonesia Kalbar Gelar Lomba untuk Guru, Jurnalis dan Masyarakat Umum

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Agus Chusaini mengatakan Saprahan Khatulistiwa bertujuan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesi (Gernas BBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BWI) yang telah dicanangkan Presiden dalam pagelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang merupakan flagship event Bank Indonesia.

Lanjutnya, Saprahan Khatulistiwa dilatari pandemi Covid-19 memberikan dampak pada sektor UMKM dan pariwisata di Kalbar.

Kisah UMKM di Perbatasan Kalbar Bertahan di Tengah Pandemi Covid, Pasarkan Produk Hingga ke Amerika

“Sekitar 98% UMKM Kalbar mengalami penurunan omzet berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalbar,” ungkapnya dalam kegiatan Media Briefing pada Kamis, 3 Juni 2021.

Sementara sektor pariwisata turut terguncang.

Kunjungan wisatawan mancanegara mengalami penurunan sebesar 79,71% (yoy) di tahun 2020 dikarenakan ditutupnya perbatasan Indonesia - Malaysia yang menjadi salah pintu masuk utama kunjungan wisatawan ke Kalimantan Barat (Cross Border Tourism).

BEI & Kemenkraf Gelar Bincang Pasar Modal Bagi Pelaku UMKM Pariwisata

“Ditiadakannya beberapa acara tahunan skala nasional, seperti Festival Cap Go Meh Singkawang dan Festival Kulminasi Matahari, juga mempengaruhi kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara,” ujarnya.

Makanya untuk mendorong pemulihan ekonomi bagi UMKM dan sektor pariwisata yang terdampak pandemic Covid-19, antara lain melalui peningkatan kelembagaan, sertifikasi CHSE, pelatihan serta showcase produk.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved